Ismet Roni: Informasi Harus Terbuka Jelas

17 Maret 2018 - 22:18:48 | 1566 | HUMANIORA

DL/19032018/Bandarlampung

--- Terkait dengan kerusuhan yang berlangsung di Jabung Lampung Timur oleh masyarakat yang hendak membebaskan salah satu warga yang ditahan Polisi. Tindakan cepat yang dilakukan oleh Kepolisian Daerah (Polda) Lampung untuk mengembalikan suasana menjadi kondusif sudah berhasil.

Namun demikian masih perlu ada hal-hal yang dilakukan untuk menghindari terjadi amuk massa seperti ini dikemudian hari.

Wakil Ketua DPRD provinsi Lampung, Ismet Roni mengatakan bahwa perlu adanya informasi yang jelas dalam berbagai hal terutama dalam urusan tindakan hukum, agar masyarakat tidak mendengar informasi sepotong saja.

Saat ini banyak berita hoax yang beredar di masyarakat, sehingga warga diharapkan tidak menelan mentah-mentah berita yang spontan diterimanya.

“Ada baiknya, masyarakat melakukan kroscek terhadap informasi yang diterimanya. Tidak menutup kemungkinan info yang diterimanya salah, sehingga menimbulkan salah faham. Infonya Hoax, misalnya. Untuk itu saya anjurkan seluruh masyarakat agar tidak reaktif dalam menyikapi kabar yang diterimanya, namun melakukan kroscek, baru menentukan langkah yang diambil,” katanya, 17 Maret 2018.

Ismet meminta masyarakat jauh lebih dewasa dalam jaman modern seperti ini. “Lampung memang berpenduduk heterogen, dan ini memang memerlukan penanganan yang baik oleh pemerintah dan aparat. Sementara dari masyarakatnya sendiri harus mulai tidak mudah terpancing kabar atau isu yang belum jelas,” katanya.

Lampung dinilai sangat kondusif, sehingga perlu dijaga bersama-sama antara pemerintah, aparat keamanan dan khususnya masyarakat luas. (Her)