Petani Minta Arinal Nunik Serius Soal Pupuk

16 Maret 2018 - 17:55:49 | 138 | POLITIK

DL/16032018/Bandarlampung

---- Harapan besar para petani Lampung kepada pasangan Arinal Djunaidi - Chusnunia Chalim (Arinal-Nunik) agar sungguh-sungguh mengatasi masalah pertanian di Lampung.

Hal itu disampaikan Junaidi (66), salah satu petani dari Pesawaran saat menghadiri kampanye terbuka Terbatas Arinal - Nunik di Desa Ramapuja Kecamatan Raman Utara Lampung Timur, Jumat 16 Maret 2018.

Junaidi mengeluhkan, selama ini petani selalu dihambat dengan permasalahan pupuk yang sulit. Sehingga, saat masa panen tiba, hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan jerih payah mereka. “Pupuknya itu yang sulit didapat. Terus, obat buat tanamannya juga mahal. Tapi waktu pas panen harganya murah. Kan rugi kalau begitu. Dan ini sudah berlangsung lama,” keluhnya.

Jika masa panen normal, dapat mencapai hingga 6 ton. Tetapi, saat masa sulit, petani hanya mendapatkan dua ton saja.

Karena itu dia berharap agar Arinal - Nunik benar-benar memikirkan masalah petani. “Harapan kami, pak Arinal dan bu Nunik bisa mikirin petani. Kami harap beliau tidak hanya janji, tetapi benar-benar ditepati untuk kesejahteraan petani,” harapnya.

Dia menyarankan, agar setiap petani diberi pinjaman modal untuk, sehingga saat harga murah, petani bisa menyimpan hasil panennya terlebih dahulu. “Kalau ada modal, petani bisa nyimpan hasil panen pas harga anjlok. Terus, dijual kalau harga sudah stabil,” paparnya.

Sementara itu Samiran (52), petani di Raman Utara mengatakan bahwa lahan di kecamatan tersebut sudah tidak ada lagi yang kosong. “Di sini sudah tidak adalagi lahan kosong. Jadi, kami memanfaatkannya untuk menanam baik sayuran ataupun padi,” jelas Samiran.

Namun begitu, permasalahan utamanya terdapat pada kelangkaan pupuk. “Kalau bisa saat terpilih, Pak Arinal dan Bu Nunik bisa memperhatikan pupuk. Karena ini, selalu dikeluhkan petani,” harapnya.

Dia meyakini, jika Arinal - Nunik merupakan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur yang merakyat. “Kalau menurut kami, mereka benar-benar mau menyejahterakan petani. Merakyat dan peduli terhadap petani,” tuturnya. (Lis)