Usai Buah Durian, Kini Buah Duku Banjiri Lampung

01 Maret 2018 - 14:37:17 | 745 | EKONOMI

DL/01032018/Bandar Lampung

---- Awal bulan Februari 2018 Kota Bandarlampung khususnya dan Lampung pada umumnya kebanjiran tidak hanya guyuran air hujan saja. Namun mulai kebanjiran berbagai jenis buah.

Pedagang buah musiman terutama buah Duku mulai meramaikan jalanan khususnya di Bandar Lampung. Bahkan di beberapa ruas jalan lainnya mulai bermunculan pedagang buah musiman mulai Durian sampai buah Duku.

Ternyata, tidak semua penjual buah mengambil dari agen. Ada beberapa yang memang panen di kebunnya sendiri. Maka dari itu, harganya pun berbeda-beda.

Untuk buah Duku misalnya, terpampang tulisan harga bervariasi di setiap Lapak pedagang. Ada yang memasang Rp20 ribu untuk 3 Kilogram, ada Rp15 ribu untuk 2 kilogram, dan ada yang Rp5 ribuan per kilo.

Farida, salah seorang penjual Duku mengatakan bahwa dia memilih membeli dari agen di pasar ketimbang di took, karena ada selisih harga. “Kalau ambil di Pasar kan bisa Rp5.500 perkilo, kalau di took bisa Rp6 ribu. Jadi kan lumayan selisihnya. Makanya saya pilih belanja aja di pasar.” Katanya kepada detiklampung.com, Rabu 28 Febuari 2018.

Duku Super

Dalam dunia perDukuan, juga ada istilah Duku biasa dan Duku Super. Ini ditentukan dari kualitas buahnya.

Mulyono, penjual duku di Jalan Gadingrejo, yang juga penjual Duku kualitas Super sudah mematok harga. “Lihat sendiri dukunya super serta hasil dari kebun sendiri,” kata Mulyono.

“Meskipun di beberapa daerah sudah mematok dengan harga Rp7.500 per kilo tetapi saya tetap menjual dengan harga standar, karena saya juga panen sendiri, tidak beli di pasar. Makanya saya tidak menjual dengan harga tinggi.” Ungkap Mulyono. (bat/tan/san/vi)