PAUD Matahari Ganjar Asri Dengan Metode Cantol

13 Februari 2018 - 15:11:53 | 1030 | PENDIDIKAN

DL/13022018/Kota Metro

---- Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Matahari, Ganjar Asri Metro Barat adalah holistik dan integratif. PAUD ini tidak hanya memberi pelajaran seperti pada umumnya, tetapi anak-anak juga diajarkan mengenai pentingnya kesehatan.

 Untuk hal tersebut, PAUD yang dipimpin Puji Ganiwati ini menjalin kerjasama dengan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dibawah binaa Dinas Kesehatan Kota Metro.

Di sini juga diajarkan tentang Akhlak. Bagaimana anak bersikap kepada Guru, Orang tua, dan Lingkungan sekitarnya. Selain itu diajarkan mengenai Agama sejak dini seperti Shalat Dhuha, membaca Iqra, hafalan Hadist, Juzamma (surat pendek) dan doa sehari-hari.

Puji Ganiwati, mengatakan  bahwa PAUD Matahari Ganjar Asri juga membangun kerjasama yang solid antara guru dan orang tua. “Kami juga selalu berbagi keterampilan pada wali murid, seperti membuat rajutan dan keterampilan yang lainnya,” Ujarnya kepada detiklampung.com, Sabtu, 10 Februari 2018.

Rahmi Megawati, salah seorang Guru di PAUD menambahkan bahwa di sini juga mengajar menggunakan Metode Cantol  yakni cara mengenal huruf dan baca dengan alat peraga yang digantungkan pada sebuah papan menggunakan magnet. “Keunggulan PAUD Kami adalah anak-anak bisa membaca selama 38 jam atau 1 semester dengan metode cantol.” Ujarnya.

Puji menambahkan bahwa selain metode belajar yang tepat, perhatian guru secara penuh menjadi komitmen PAUD Matahari. “Kami menerima tanggungjawab pendidikan pra sekolah ini sangat berat, sebab ini akan mendasari mental spiritual anak-anak kita kelak. Dan saya berharap anak-anak yang sekolah di sini dapat menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah, mandiri, berprestasi, serta berakhlak mulia. (bat)