Jembatan Penawartama Jebol

10 Februari 2018 - 00:49:31 | 378 | BERITA DAERAH

DL/10022018/Tulangbawang

----- Berbahaya. Demikian sekilas yang bisa diungkapkan untuk kondisi jembatan utama penghubung dua wilayah, Kecamatan Penawartama dan Rawajitu, Kabupaten Tulangbawang itu.

Jembatan yang dibangun di Desa Gunung Tiga, kecamatan Penawartama itu kini kondisinya rusak, jebol di pinggir dan menimbulkan lubang yang menganga cukup lebar.

Masyarakat sekitar sebelumnya sudah memasang garis tanda bahaya, namun karena sudah lama tidak ada perhatian dari pihak terkait, hingga pembatas daerah berbahaya itupun sering tersenggol oleh kendaraan yang lewat sehingga putus, dan kini lubang itu tak terlindungi.

Romli, salah seorang pengendara yang melintas di jembatan itu mengatakan kekhawatirannya atas kerusakan sarana umum ini. “Kalau dibiarkan saja akan sangat berbahaya. Lubangnya akan semakin besar dan mengancam keselamatan pengguna jalan, apalagi jika malam hari,” katanya kepada detiklampung.com belum lama ini.

Pemerintah dharapkan cukup bijak menyikapi kondisi ini dan segera melakukan perbaikan sebelum jatuh korban atau lebih parahnya kerusakan jembatan ini.

“Mungkin belum ada laporan ke kabupaten. Bu Winarti kalau tau ini pasti ditinjau. Beliau sangat perhatian terhadap lingkungan,” kata Romli.

Menurut warga setempat, lubang ini sudah terjadi cukup lama, bahkan lebih dari lima bulan dibiarkan begitu saja. “Kami hanya bisa memasang garis kuning untuk memperingatkan kendaraan yang lewat. Selebihnya tidak bisa apa-apa. Bahkan lubangnya tambah besar dan pasti berbahaya,” ujar warga yang enggan disebut jati dirinya. (Rm)