Supriyadi: No Hoax, No Black Campaign

02 Februari 2018 - 20:46:40 | 1323 | POLITIK

DL/02022018/Bandarlampung

----- Dalam menentukan sikap pada tahun politik 2018 ini, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung Supriyadi Alfian dengan tegas mengeluarkan imbauan agar seluruh wartawa terutama anggota PWI Lampung bertindak profesional.

Dia menegaskan untuk berada di zona netral dalam Pemilukada Gubernur Lampung maupun beberapa Kabupaten di provinsi Lampung ini.

Ia mengimbau wartawan menyajikan berita secara obyektif, sesuai fakta dan data yang sebenarnya.

“Saya tegaskan PWI Lampung Netral. Maka dari itu saya minta teman-teman jurnalis untuk tidak memihak, netral. No Hoax, No Black Campaign (kampanye hitam), baik menjelang maupun saat berlangsungnya Pemilukada,” katanya, Jumat 2 Februari 2018 di Kantor PWI Lampung Bandarlampung.

Kampanye hitam sangat dilarang dalam dunia jurnalistik. “PWI adalah organisasi profesi yang bermartabat dan professional. Maka dari itu jangan sebarkan berita bohong, hoax, apalagi kampanye hitam. Berita berita yang mendidik dalam berpolitik kepada masyarakat. Agar masyarakat tidak salah memilih pemimpinnya,” ujarnya.

Tanggungjawab

Sekali lagi ditegaskan, PWI tetap netral dalam seluruh tahapan pilkada. “Saat ini tahapan pilkada sudah masuk ranah KPU. Jadi kita harus junjung tinggi dan taati semua aturan yang berlaku,” terangnya.     

Kepada seluruh anggota dan pengurus PWI kabupaten/kota, dia mengingatkan agar tetap menjaga soliditas organisasi. Sekaligus mendorong proses demokrasi di Provinsi Lampung berjalan dengan baik, sesuai aturan yang berlaku. 

“Media massa dan wartawan, apalagi anggota PWI harus punya tanggungjawab  berperan aktif membangun daerah, khususnya Provinsi Lampung dalam segala bidang. Termasuk dalam bidang politik,” imbaunya.

Supriyadi Alfian juga menyambut baik pernyataan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo, terkait komitmen mendukung upaya peningkatan kompetensi dan profesionalitas wartawan. (Lis)