Unila Apresiasi Kerjasama KKN Tematik BNP2TKI

31 Januari 2018 - 00:33:29 | 468 | PENDIDIKAN

DL/30012018/Bandarlampung

---- Bulan Januari 2018 dimaknai sebagai bulan sinergi oleh segenap pegawai BP3TKI Lampung. Salah satu bentuknya yaitu silaturahmi sekaligus harmonisasi yang dilakukan BP3TKI Lampung bersama tim Badan Pelaksana (BP) KKN Universitas Lampung (Unila).

Tim BP KKN Unila yang diketuai Sri Waluyo, Ph.D. mengapresiasi kerjasama KKN tematik yang telah terjalin dengan BNP2TKI pada tahun 2017 dengan melibatkan 100 mahasiswa yang tersebar di daerah-daerah kantong Pekerja Migran Indonesia (PMI) pada 20 desa yang telah ditentukan sebelumnya.

Lebih lanjut Waluyo mengatakan, harapannya kepada BP3TKI Lampung untuk bersama-sama mengharmonisasi program KKN Tematik Penempatan dan Perlindungan PMI (P2PMI) agar lokasi yang dituju dapat lebih menjangkau sasaran.

Selain pembahasan mengenai rencana program KKN Tematik Periode II Juli 2018 nanti, Tim BP KKN Unila juga sampaikan kesediaannya untuk menerima saran serta evaluasi berkenaan pelaksanaan program KKN yang telah terjalin sekaligus pemberian cindera mata kepada BP3TKI Lampung.

“Program kerjasama KKN Tematik ini cukup efektif, informasi P2PMI dapat tersebar dan tersampaikan dengan baik bahkan ada peserta KKN yang melakukan fasilitasi pelayanan pengaduan dari warga asal Pesawaran.” Ujar Kepala BP3TKI Lampung, Mangiring Hasoloan Sinaga.

Sinaga melanjutkan, KKN Tematik akan diselaraskan dengan program Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) yang akan dibentuk pada empat lokasi di Provinsi Lampung. Pada tahun 2017, dua daerah sudah ditetapkan sebagai lokasi Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM).

Pada lokasi tersebut kemudian ditetapkan para Community Organizeryang menjadi penggerak masyarakat masing-masing di Desa Taman Endah, Kecamatan Purbolinggo Kabupaten Lampung Timur dan Desa Giriklopomulyo, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur.

Pada kerjasama KKN tematik tahun 2018, empat lokasi KKBM yang sudah ditetapkan akan disesuaikan dengan rencana penetapan lokasi KKN Unila, sehingga mahasiswa yang diterjunkan kelak dapat berjalan beriringan dengan para CO KKBM.

Seperti diketahui, pada Juli 2017 para mahasiswa yang ditunjuk terjun ke kantong-kantong PMI di Provinsi Lampung. Selama melakukan KKN, para mahasiswa menyampaikan informasi P2PMI kepada masyarakat serta memberikan Layanan Informasi dan Konsultasi terkait penempatan tenaga kerja luar negeri. BNP2TKI melalui BP3TKI Lampung selanjutnya melakukan monitoring dan pendampingan dibeberapa lokasi pelaksanaan kegiatan. (Rel)