Sepakbola: LPI Zona Lampung Akan Diikuti 16 Tim Perusahaan

25 Januari 2018 - 17:42:48 | 207 | OLAHRAGA

DL/25012018/Bandarlampung

---- Kementerian Tenagakerja (Kemnaker) Republik Indonesia, melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transigransi (Disnakertrans) Provinsi Lampung akan menggelar sepakbola Liga Pekerja Indonesia (LPI) 2018 zona Lapung, yang akan berlangsung pada 10-28 Februari mendatang di Bandarlampung.

Rapat teknis tim pelaksana LPI Zona Lampung dipimpin Sekretaris Disnakertrans Provinsi Lampung Lukman, Kamis 25 Januari 2018 di Kantor Disnakertrans.

Pertandingan Liga Pekerja Indonesia yang baru kali pertama berlangsung di Lampung itu, rencananya diikuti 16 tim dari seluruh Perusahaan yang ada di Lampung, baik Perusahaan Swasta maupun Perusahaan Milik Negara.

Intinya pelaksanaan LPI 2018, akan dimulai pada 10 Februari 2018. Satu tim akan mewakili Lampung untuk berlaga di zona Wilayah, guna memperebutkan satu tiket ke tingkat nasional.

Dalam menggelar kompetisi tersebut Disnakertrans, sebagai penerima mandat langsung dari Kemnaker., menggandeng Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan APINDO Lampung.

“Even ini yang pertama kami gelar, Disnakertrans bekerjasama dengan Dinas lain dan beberapa instansi atau organisasi olahraga terkait. Untuk pelaksanaannya kami rencanakan mulai 10 Februari pembukaan dan selesai pada 28 Februari 2018. Peserta kami batasi 16 tim dari perusahaan saja,” kata Lukman.

Lebih lanjut Lukman yang didampingi Konsultan Teknis Oky Alfaro, menambahkan bahwa panitia akan segera mengundang peserta, yang akan dilangsungkan pada 30 Januari mendatang.

Guna mensosialisasikan kembali Sepakbola LPI, sekaligus melakukan pendaftaran yang bertempat di Kantor Disnakertrans Provinsi Lampung di Pahoman Bandarlampung.

“Liga ini akan mempertebutkan Piala Kemnaker serta uang pembinaan. Pemenang dari Lampung akan berlaga di zona Wilayah, sebelum babak grand final di Jakarta. Kami akan fokus terlebih dahulu menggelar yang di Lampung, karena waktu kita tinggal 15 hari lagi,” lanjutnya.

LPI Kemnaker 2018, sesuai dengan struktur kompetisi dari pusat. Akan diikuti oleh 544 tim di zona Provinsi, dengan perhitungan 16 tim di kali 34 Provinsi.

Kemudian untuk zona Wilayah yaitu para juara pertama dari masing-masing Provinsi, 34 sesuai dengan provinsi yang ada di Indonesia bertarung berdasarkan Wilayah yaitu 6 Regional, dengan peserta 8 tim di masing-masing Regional.

Untuk tingkat nasional atau grand final, akan diikuti oleh 8 tim pemenang atau juara dari masing-masing regional, guna memperebutkan juara 1, 2 dan 3. “Untuk LPI sudah berlangsung sejak Desember 2017 lalu, namun Lampung baru bisa menggelarnya pada Februari ini. Untuk Final Nasional akan berlangsung pada 20 April – 1 Mei 2018,” kata Oky. (lis)