Anna Morinda : Pemkot Harus Perhatikan Sarpras Olahraga

16 Januari 2018 - 10:19:50 | 1863 | OLAHRAGA

DL/16012017/Kota Metro

----- Ketua  Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) kota Metro, Anna Morinda mengatakan, ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke VIII  yang baru saja dihelat merupakan ajang untuk membina bibit-bibit unggul Atlet dari berbagai cabang olahraga (cabor).

Di sini, banyak atlet telah menorehkan prestasi dan membuat harum nama Bumi Sai Wawai. Untuk itu, DPRD meminta Pemerintah Kota Metro merealisasikan peningkatan sarana dan prasarana (Sarpras) atlet di wilayah ini.

“Ini harus kita apresiasi. Salah satunya dengan menambah fasilitas sarana latihan mereka. Lebih memadai agar mereka bisa menorehkan prestasi lebih tinggi lagi,” kata Anna kepada media ini, Senin 15 Januari 2018.

Selaku dewan penasehat Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Metro, Anna Morinda mengatakan bahwa selain belum memiliki lapangan tempat latihan, cabang Panahan sudah dapat menorehkan prestasi gemilang di Porprov VIII 2017 di Bandarlampung, dengan menyabet 5 medali emas.

“Keberadaan cabor Panahan kita ini kurang dari 9 bulan lo. Masih baru. Tempat latihan juga seadanya. Tapi teman-teman punya modal semangat yang luar biasa. Daya juang yang tinggi. Sampai akhirnya bisa meraih emas,” tuturnya bangga.

Karenanya, ia berharap, Pemkot Metro dapat merealisasikan janjinya untuk membangun fasilitas olahraga yang memadai. “Dan kita ada kesempatan untuk jadi tuan rumah Porprov. Jadi ini bisa jadi momen sekaligus membina dan menyiapkan sarana prasarana,” katanya. 

Sementara Ketua Komisi I DPRD Metro, Basuki menilai, bibit-bibit Atlet berprestasi dari Bumi Sai Wawai harus diperhatikan dan layak mendapat apresiasi. Apalagi Metro sebagai kota pendidikan, dimana prestasi, baik akademik maupun non akademik seperti bidang olahraga, tercipta karena output dari pendidikan.

“Apalagi kita ini sudah punya perda insan berprestasi. Dan bicara olah raga, itu soal latihan dan uji tanding. Tidak mungkin bisa berprestasi tanpa latihan atau persiapan. Jadi sarana prasarana atlet ini penting untuk dipenuhi,” tegasnya.  

Dengan prestasi gemilang ini, pihak Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Metro telah berjanji mengupayakan fasilitas permanen berupa lapangan bagi cabor Panahan, ini sebagai bentuk apresiasi atas torehan medali pada Porprov. 

“Akan kita upayakan tahun ini. Kita akan cari lokasi yang memang lahannya bisa menjadi tempat latihan ini. Karena harus terpisah dari tempat keramaian dan aman. Nanti secara bertahap kita pikirkan bagaimana supaya memiliki lapangan,” kata Yeri Ehwan, selaku Kepala Disporapar Metro.

Menurutnya, cabor Panahan memang sangat potensial dikembangkan. Dengan tujuan dapat memberikan hasil yang lebih maksimal. “Kami memberi apresiasi untuk kawan-kawan Perpani Kota Metro. Nanti kami akan komunikasi dengan Perpani, bagaimana baiknya untuk meningkatkan pembinaan atlet-atlet,” tandasya. (Igun)