GIGA FC Target Final Four Liga Pro Futsal

15 Januari 2018 - 10:33:30 | 33993 | FUTSAL MANIA

DL/15012018/Metro

---- Lima hari lagi gelaran Liga Pro Futsal Indonesia akan digelar secara nasional, mulai 20 Januari hingga 6 Mei 2017 akan digelar di 7 kota besar di Indonesia.

Wakil Lampung, Giga FC Kota Metro menjadi salah satu kontestan Pro Futsal League 2018 yang berada di grup A yang akan bermain di gedung Amongrogo Jogjakarta bersama 7 tim lainnya. Giga pada partai perdana akan menghadapi APK Samarinda.

Pekan lalu manajemen Giga FC Kota Metro melakukan launching tim yang akan berlaga di Pro Futsal League 2018 di lapangan futsal Giga Futsal Arena.

Manajemen mengenalkan para pemain Giga FC dalam sebuah mini turnamen Trofeo, dengan mengundang beberapa tim diantaranya Matama Jakarta, Limas Palembang dan tim lokal Lampung seperti Galaxi Kotabumi serta tim Kota Metro, FKM.

Reza Mahesa selaku owner dari Giga FC mentargetkan tahun ini timnya masuk ke final four. “Kami sudah mencobanya tahun lalu, namun kurang beruntung, meskipun masih bertahan di Liga Pro tahun ini. Maka dari itu untuk memacu adrenalin tim, saya minta kepada coach Wahyudin membuat tim ini bersinar,” kata usai launching, baru-baru ini.

Menurut Reza, timnya disiapkan sedemikian rupa dengan porsi latihan yang cukup dan dengan sarana dan prasarana yang memadai. “Harapannya ya prestasi yang baik. Kami juga tetap memikirkan pembinaan pemain lokal. Maka dari itu dalam tim setidaknya ada 5 pemain usia muda lokal Lampung yang dikutkan.” Tambahnya.

Seleksi Ketat

Dalam persiapan merekrut pemain muda Lampung, manajemen menyerahkan sepenuhnya kepada tim pelatih untuk memilih kapasitas seperti apa pemain yang dibutuhkan tim ini.

Maka hak sepenuhnya merekrut pemain ada pada pelatih Wahyudin Kocoy dan Ade Lesmana, sebagai pelatih kepala dan pelatih kiper. “Semua saya serahkan sepenuhnya kepada para pelatih, saya sama sekali tidak intervensi dalam pemilihan pemain lokal. Namun dalam rekruitmen pemain nasional, saya juga banyak memberikan pilihan, sedangkan secara teknis, coach Kocoy yang menentukan,” ujarnya.

Ada lima pemain Lampung yang dalam ujicoba Trofeo pekan lalu diberikan kesempatan untuk bermain bersama dalam satu kesempatan, dan sesekali digabung dengan para pemain senior.

“Ya tujuannya untuk memberikan pengalaman bermain bersama dan menjalankan pola permainan yang benar dari kami. Anak Lampung cukup baik dan cepat adaptasi. Ini modal yang baik bagi daerah ini,” kata Wahyudin, yang menukangi Giga di tahun kedua ini.

Beberapa pemain Lampung yang masuk daftar pemain Giga FC Pro, Endi Ferdiyanto, Agung Rufei, Hadi Pradana, Dwi Redianto, M Iqbal dan Imron Rosadi. Para pemain ini melalui seleksi ketat dari beberapa pemain lainnya dari seluruh provinsi Lampung.

Wahyudin mengatakan bahwa banyak pemain muda Lampung yang masih perlu mengasah mental bertandingnya dan perlu ada mentalitas pergaulan sebagai atlet. Menurutnya banyak atlet futsal Lampung yang potensial, namun hanya secara individu, tetapi untuk bermain secara tim masih kurang menyatu.

“Kami butuh pemain yang bisa bermain dengan tim, bukan main sendiri-sendiri, maunya sendiri-sendiri. Karena dalam tim ada pengendali, yakni pelatih yang meramu kekuatan personal menjadi kekuatan tim.” Kata Kocoy.

Maka dari itu dia mengimbau kepada para pemain yang tidak lolos dalam seleksi yang melakukan introspeksi diri dan berusaha untuk memperbaiki kekurangannya. “Setiap pelatih punya visi dan misi masing-masing, dan punya selera yang berbeda sesuai dengan kemampuannya. Maka pemain juga harus mengerti soal ini,” tambahnya.

Menanggapi target final four, pelatih asal Jakarta ini mengamini. “Amin, kami akan terus berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkannya bersama pemain,” katanya.

Susunan lengkap tim Giga FC di Liga Pro:

Afif Tamimi (cpt), M Yusuf Kurniawan, Endi Ferdianto, Pirandika Tommy, Moses Karnal, Ade Andika, Apriyana, Salim Hanif Sungkar, Dennis Gunabawana, Eko Setiawan, Agung Rufei, Hadi Pradana, Dwi Redianto, M Iqbal Pamungkas, M Iqbal Pasaribu dan Imron Rosadi.

Tim Pelatih, Wahyudin Kocoy head coach, Ade Lesmana GK coach, Ilham Chate Mulyawan fitness coach, Rahadian Eko Yudistiro Fisio Teraphys. Davi Mark Moses assist coach. (Ded)