DPRD Menilai Pengelolaan Sampah Di Kota Metro Belum Maksimal

08 Desember 2017 - 23:43:18 | 2268 | PARLEMENTARIA

DL/06122017/Kota Metro

---- Masalah sampah kini sudah menjadi permasalahan serius dikota Metro. Hal ini menjadi perhatian serius oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ( DPRD ) Kota itu, bahkan pada saat membahas beberapa rancangan peraturan daerah (RAPERDA) Kota metro, salah satunya ialah  raperda tentang pemanfaatan lahan dan pengolahan sampah rumah tangga.

Guna menanggulangi masalah sampah, pihak DPRD  memanggil sejumlah SKPD  dan instansi terkait  untuk  membahas rancangan peraturan daerah (RAPERDA) Kota Metro. Kegiatan hearing berlangsung di ruang Opration Room dan dipimpin oleh anggota DPRD dari Komisi III, Zas Dianur Wahid, Selasa 5 Desember 2017.

Pada hearing pembahasan masalah sampah pihak DPRD memanggil sejumlah dinas instansi diantaranya Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan staf bagian hukum pemkot Metro.

“ Melalui Raperda yang dibahas, diharapkan akan berdampak positif untuk meminimalisir dampak penumpukan sampah, di Kota Metro selama ini sampah belum dapat dimanfaatkan dengan baik oleh warga maupun peemrintah,” kata Zasdianur Wahid.

Meski belakangan ini terdapat  beberapa komunitas yang peduli dengan keberadaan sampah, namun belum cukup untuk mengurai sebagian besar keberadaan sampah.

Selain itu dewan juga  membicarakan pemanfaatan lahan kosong untuk dapat dimanfaatkan sebagai lahan bercocok tanam seperti menanam sayuran dan sejenisnya sebagai bentuk penghujauan mini dan dapat menjadi sarana untuk penghasilan tambahan bagi warga.

“ Jika hal ini dapat dilakukan, maka penumpukan sampah dapat diminimalisir. Warga juga dapat penghasilan tambahan dari bercocok tananam. Bagi masyarakat kreatif sampah yang masih dapat didaur ulang dapat juga dijadikan kerajinan atau pupuk kompos sehingga dapat menghasilkan nilai ekonomis,” jelasnya. (Igun)