X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Musatafa: Lamteng Lumbung Daging dan Ikan Tawar

  • dibaca 1107 kali

    DL/03122017/Lampung Tengah

    --- Sebagai salah satu daerah penghasil Ikan air tawar terbesar di Provinsi Lampung, Kabupaten Lampung Tengah terus mengembangkan budidaya perikanan. Tercatat, produksi ikan air tawar untuk tahun 2017 sebanyak 30.858,10 ton dari luas areal kolam 1.836,68 Ha, yang melibatkan 8.119 KK.

    Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. H. Mustafa, menegaskan saat Panen Raya Ikan Gurame di Kecamatan Kalirejo, Lampung Tengah, bahwa Lamteng sebagai lumbung daging dan ikan.

    Ini menyambut baik program dari Kementrian Perikanan mengenai budidaya ikan air tawar. Untuk itu, pengembangan usaha dan dukungan terus dilakukan untuk memperbesar jumlah produksi ikan air tawar di Lampung Tengah.

    Saat ini, di Lampung Tengah terdapat tiga kawasan minapolitan dengan tiga komoditas unggulan, yakni kawasan minapolitan Gurame dengan produksi sebesar 7.488 ton dengan daerah sentra di Kecamatan Kalirejo, kawasan minapolitan Patin dengan produksi sebesar 9.783 ton dengan daerah sentra di Kecamatan Kotagajah, dan kawasan minapolitan Pesisir Kecamatan Bandar Surabaya.

    “Kalirejo merupakan salah satu daerah minapolitan di Kabupaten Lampung Tengah dengan komoditas unggulan ikan Gurame, dan hari ini kita lihat panen Gurame kita cukup baik dan bagus. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Lampung Tengah dimana produksi panen ikan kita besar dan sehat,” tegas Mustafa.

    Guna memaksimalkan potensi ikan air tawar, Mustafa berjanji akan terus melakukan pembinaan terhadap para petani. Pihaknya juga berjanji akan memberikan bantuan yang dapat menunjang pertumbuhan budidaya ikan tawar, seperti bantuan benih Gurame, terpal, dan mesin sedot air.

    Dengan potensi dan SDM yang mumpuni, ia optimis Lampung Tengah bisa menjadi sentra budidaya ikan air tawar di Lampung. Diharapkan ini bisa membangkitkan roda perekonomian masyarakat khususnya petani-petani ikan di Lampung Tengah.

    Sementara itu, Kadis Perikanan Lampung Tengah Kuswadi Swardi mengatakan, di kecamatan Kalirejo terdapat 33 kelompok pembudidayaan ikan (Pokdakan) yang memiliki 632 anggota dengan luas kolam 96,6 ha. Produksi ikan gurame konsumsi sekitar 36 ton per tahun, sedangkan untuk produksi benih sekitar 60.503.500 ekor per tahun.

    “Panen ikan gurame yang dilaksanakan hari ini yaitu bertempat di pokdakan Kalibeling tepatnya di Kampung Kalirejo. Pokdakan Kalibening terdiri dari 12 anggota yang diketuai oleh M. Ridwan,” ujarnya.

    Pada kesempatan perayaan panen ikan Gurame ini, pihaknya mengajak semua lapisan masyarakat Lampung Tengah di Kecamatan Kalirejo ini untuk memanfaatkan sumber daya lahan yang tersedia dan belum kita berdayakan secara optimal bagi kemakmuran seluruh bangsa. (Ted) 

  • Berita Terkait

  • Ratusan Layang-layang Warnai atmosfir Balam

    Pemprov Serius Bangun Infrastruktur

    Panjat Tebing: Pringsewu Masih Perkasa

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar