Ridho: Wasit Bertindaklah Yang Adil

29 November 2017 - 07:06:43 | 180 | OLAHRAGA

DL/28112017/Bandarlampung

---- Peran wasit dalam sebuah pertandingan sangat penting, oleh karenanya dia harus bertindak adil dan tidak memihak. “Saya minta, seluruh wasit bertindak adil, sportif dan menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran dalam memimpin sebuah pertandingan,” kata Gubernur Lampung, M Ridho Ficardo.

Hal tersebut disampaikan di depan ribuan atlet yang mengikuti opening ceremony Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-VIII di stadion Sumpah Pemuda Way halaim Bandarlampung, Senin 27 November 2017.

Ridho berpesan kepada seluruh atlet agar selalu menjunjung tinggi sportivitas. Jadikan Porprov 2017 ini sebagai ajang silatuhrahmi dan arena latihan serta uji coba menuju ajang yang lebih tinggi. Saya berpesan kepada seluruh atlet agar selalu bersemangat dalam bertanding dan menjunjung tinggi sportivitas.

Ada 22 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada Porprov VIII ini. Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang juga menjabat sebagai Ketua Koni Lampung, hadir bersama bupati dan walikota dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung.

“Selama ini Lampung memiliki prestasi yang membanggakan di beberapa cabang olahraga, terutama dari cabor tertentu seperti Angkat Besi dan Angkat Berat. Dengan diselenggarakannya Porprov, mudah-mudahan prestasi olahraga Lampung semakin merata di tiap cabang olahraga, minimal menyamai prestasi yang sudah ada.” Paparnya.

Benahi Sarana

Pemerintah Provinsi Lampung saat ini tengah membenahi semua sarana dan prasarana olahraga yang ada. PKOR Way Halim selain tengah dilakukan perbaikan, juga ditambah dua wahana baru, yakni Lapangan Sofball dan arena Panjat Tebing.

“Secara bertahap kita perbaiki dan rehab fasilitas-fasilitas sarana olahraga yang ada. Mudah-mudahan dengan tersedianya sarana dan prasarana olahraga yang memadai, dapat menunjang para atlet untuk dapat lebih berprestasi lagi.” tegas Ridho Ficardo yang baru memimpin Lampung selama 3 tahun ini.

Porprov Lampung 2017 yang akan digelar hingga 6 Desember 2017 ini diikuti 2.483 atlet putra dan 1.363 atlet putri dengan total jumlah atlet yang berpartisipasi mencapai 3.846 atlet. Ditambah 1.047 ofisial cabang olahraga.

Koordinator Bidang Pertandingan PB Porprov VIII Lampung 2017, Julian Manaf mengatakan bahwa Porprov kali ini akan mempertandingkan 22 cabang olahraga, yang memperebutkan 488 medali emas.

Ke-22 cabang olahraga itu adalah Atletik, Bola basket, Bola Voli, Bridge, Bulutangkis, Catur, Gulat, Judo, karate, Kempo, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Renang, Sepakbola, Futsal, Sepaktakraw, Softball, Taekwondo, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tinju, dan Wushu.

Pada Porprov sebelumnya di Kalianda Lampung Selatan 2014 lalu, hanya mempertandingkan 18 Cabang Olahraga. (tim)