DPRD Dan Pemkot Metro Sepakati Raperda APBD 2018

22 November 2017 - 14:38:38 | 242 | PARLEMENTARIA

DL/22112017/Kota Metro

----- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro, menggelar rapat paripurna penetapan akhir Rancangan Peraturan Daerah (APBD) kota Metro 2018, tentang pendapat akhir Walikota Metro atas persetujuan penetapan Raperda APBD  kota itu, Selasa 21 November 2017.

Pada penyampaiannya, Walikota Metro Achmad Pairin menjelaskan bahwa proses pembahasan Raperda APBD Kota Metro Tahun 2018, merupakan sebuah proses yang sangat kompleks.

Dimana cita-cita yang tinggi untuk mewujudkan Kota Metro lebih baik, perlu disiasati melalui kapasitas fiskal daerah.

“Selain itu berbagai kebijakan pemerintah pusat yang harus kita akomodir, menjadi tantangan tersendiri dalam menyusun postur anggaran. Oleh karena itu, melalui perancangan dan strategi yang baik dengan prinsip efektif  dan efisien, semoga secara keseluruhan program pembangunan akan dapat berjalan secara maksimal,” kata Pairin.

Tak hanya itu, Achmad Pairin mengingatkan suatu hal penting, dimana pada tahun 2018 Kota Metro mendapatkan kenaikan Dana Insentif Daerah (DID) yang cukup signifikan. Penghargaan atas keberhasilan sektor pendidikan perlu menjadi contoh bagi sektor-sektor lain. Dari keberhasilan ini juga, Kota Metro mendapat dukungan dana transfer daerah yang meningkat guna kelangsungan pembangunan.

 “Sementara penguatan organisasi, penataan peraturan perundang-undangan, penguatan pengawasan serta menagemen SDM aparatur akan menjadi PR kita, dalam meningkatkan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Kemudian untuk semua pihak yang terlibat saya apresiasi atas kerja kerasnya selama ini,” jelasnya.

 Agenda dilanjutkan dengan penandatanganan persetujuan penetapan Raperda APBD Kota Metro tahun 2018, yang disaksikan oleh anggota Fokorpimda, Kepala OPD dan dihadiri 24 anggota dewan. (Igun)