Makin Seru, Lanjutan Sidang Sengketa Pilkades Lampung Utara

08 November 2017 - 17:56:01 | 341 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/08112017/Kotabumi

---- Pengadilan Negeri Kotabumi kembali menggelar sidang sengketa Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, Selasa 7 Novenber 2017. Perkara ini memeriksa gugatan yang diajukan oleh Samsi Eka Putra,SH salah satu bakal calon Kepala Desa Bandar Putih, yang digugurkan pihak panitia Pilkades kabupaten Lampung Utara beberapa waktu lalu.

Sidang yang dipimpin hakim ketua Faisyal Zhuhry, SH dan dua hakim anggota, kali ini dengan agenda kelengkapan alat bukti tambahan dari kedua belah pihak.

 

“Seharusnya pihak Tergugat dan Penggugat hari ini menghadirkan saksi tambahan. Namun kemungkinan karena kami akan menggali lebih dalam terkait semua persoalan yang ada, maka mereka tidak jadi menghadirkan saksi-saksi tambahan,” jelas Samsi selaku penggugat dalam perkara tersebut.

Sementara pada sidang sebelumnya, saksi dari para Tergugat menyatakan bahwa mereka tidak memahami tentang Peraturan Bupati (Perbup) yang menjadi acuan Pilkades, karena tidak pernah diberikan Bimtek terkait Perbup tersebut.

Dalam sidang ini, Hakim menjelaskan kepada kedua belah pihak, bahwa kedepan sidang akan dilanjutkan dengan agenda kesimpulan lalu putusan. “Saya harap untuk sidang kedepan Tergugat dan Penggugat menyiapkan kesimpulan, kemudian kita lanjutkan dengan putusan,” ujar Hakim Ketua.

Selaku penggugat, Samsi bersama kuasa hukumnya meminta kepada penegak hukum agar dapat memutuskan perkara ini dengan seadil-adilnya.

Ketua LBH Awalindo Lampura itu juga menyatakan, pihaknya akan menggali lebih dalam terkait anggaran Bimtek yang diduga tidak dilaksanakan panitia, sesuai dengan keterangan para saksi dari para tergugat pada sidang sebelumnya.

“Kita akan gali lebih dalam lagi terkait anggaran Bimtek yang disinyalir tidak dilaksanakan oleh panitia Pilkades tingkat kabupaten berdasarkan keterangan dari saksi-saksi mereka pada sidang sebelumnya,” ujar Samsi usai persidangan. (zan)