Walikota Metro Kukuhkan Dewan Kesenian

08 November 2017 - 17:44:29 | 351 | BERITA DAERAH

DL/08112017/Kota Metro

---- Walikota Metro mengukuhkan pengurus Dewan Kesenian Metro (DKM) Periode Tahun 2017-2021, sekaligus membuka Pameran Seni Rupa yang berlangsung  di Gedung Sessat Agung (Nuwo Budayo Kota Metro), Selasa 7 November 2017.

 Dewan kesenian diharapkan dapat menjadi wadah berpikir, merumuskan kajian-kajian, dapat memantau setiap denyut nadi kehidupan Seni dan Budaya serta mampu memberi rumusan, analisis  sehingga dapat dijadikan acuan oleh Pemerintah kota Metro (Pemkot) dalam mengambil kebijakan guna kemajuan dan berkembangnya kesenian serta kebudayaan lokal maupun Nasional.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Metro, Ria Andari menyatakan, Pengukuhan DKM Periode 2017-2021  juga dibarengi pameran seni rupa yang akan berlangsung dari 7-10 November 2017.

Pada kegiatan ini, 8 orang Perupa yang tergabung dalam Sanggar Seni Rupa Mitra Stata Kota Metro tampil menyajikan hasil karya mereka. Dikesempatan itu 75 siswa SMP dari 25 SMP Negeri/Swasta turut dalam acara tersebut.

“Pada kesempatan ini, kami juga mengisi dengan kegiatan lain seperti Lomba Cipta dan Baca Puisi yang akan berlangsung pada 10 November diikuti oleh 25 siswa-siswi SMP Kota Metro. Dan juga seminar sehari dalam rangkaian bulan bahasa  yag akan berlangsung pada 11 November  yang diikuti oleh 45 Guru SMP Negeri dan Swasta se-Kota Metro dengan Nara Sumber Ari Pahala Hutabarat Sastrawan dari Bandar Lampung,” jelas Ria Andari.

Sementara, Walikota Metro, Achmad Pairin, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas  pengukuhan pengurus Dewan Kesenian Metro yang diharapkan dapat memajukan dan meningkatkan mutu kesenian di Kota Metro.

Pairin berharap, Dewan Kesenian  mampu menjadi mitra kerja Pemerintah Kota Metro dalam merumuskan arah kebijakan guna mendukung pembangunan dalam bidang pengembangan kesenian yang tercemin dalam bentuk program tahunan dengan menitikberatkan pada skala prioritas di masing-masing komite.

 “Selamat melaksanakan tugas kepada pengurus Dewan Kesenian yang baru saja dikukuhkan, semoga dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin dan dengan penuh rasa tanggung jawab,” tandasnya. (ADV/Igun)