Herry: seluruh Biaya Pengobatan Rizqi Dibebankan JKN

07 November 2017 - 17:01:44 | 378 | KESEHATAN

DL/07112017/Tulangbawang

---- Seluruh keperluan biaya dalam rangka penyembuhan Muhammad Rizqi (4) akan dibebankan pada Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Demikian diungkapkan dr Herry Novrizal MM, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Tulang Bawang, senin 6 November 2017.

“Kami akan urus kepesertaannya, karena orangtua Risqi adalah peserta JKN-KIS sehingga orangtua tidak lagi khawatir dengan biaya pengobatan,” katanya.

Permintaan itu disampaikan Kadiskes Tulang Bawang, saat berkunjung ke rumah M. Risqi di kediaman orang tuanya di Kelurahan Gunung Sakti kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang.

Sebelumnya keluarga Risqi memang keberatan bila Risqi dioperasi. “Keluarga khawatir operasi akan gagal. Padahal Risqi sudah dianjurkan untuk operasi. Tapi keluarga takut,” ujarnya.

Dr. Herry pun mengarahkan keluarga agar Risqi segera mendapat penanganan yang baik. Terapi ini perlu dilakukan, karena kondisi fisik Risqi tidak akan membaik bila dibiarkan.

dr. Herry Novrizal juga menjelaskan, operasi untuk Risqi yaitu, operasi untuk mengeluarkan cairan yang ada di rongga kepala. Dengan mengeluarkan cairan di kepala, diharapkan Risqi bisa membaik, V-P Shunt namanya,” terangnya.

Sementara itu, ibu Risqi mengakui, dirinya menolak anaknya dioperasi. Sebab, dirinya takut operasinya gagal. “Saya khawatir Risqi meninggal karena operasi, saya dan keluarga akan berembuk dulu,” ujarnya.

Risqi sendiri terdeteksi mengalami hidrosefalus sejak bayi. Oleh dokter Risqi pun sudah direkomendasi untuk menjalani operasi.

Pada kesempatan tersebut selain mengecek kondisi kesehatan M. Risqi Kepala Dinas Kesehatan yang didampingi beberapa staff Dinas Kesehatan juga menyampaikan bantuan tali asih kepada orang tua M. Risqi. (Lis)