Musrembang RPJMD Kabupaten Mesuji tahun 2017-2022

07 November 2017 - 13:40:20 | 1247 | BERITA DAERAH

DL/07112017/Mesuji

---- Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar kegiatan Musrembang Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah  (RPJMD) Kabupaten Mesuji tahun 2017-2022, di Aula Kecamatan Tanjungraya Desa Brabasan Kecamatan Tanjungraya, Senin 6 November 2017.

Penyelenggaraan musrembang  RPJMD Kabupaten Mesuji  ini merupakan upaya Pemeritah Kabupaten Mesuji dalam penajaman, peyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan pada tujuan, sasaran, srategi, arah kebijakan dan program pembangunan daerah yang telah dirumuskan dalam rancangan awal RPJMD untuk menghasilkan dokumen yang baik yaitu dokumen RPJMD Kabupaten Mesuji tahun 2017-2022.

RPJMD mempunyai arti yang sangat penting, sebagai pedoman penyusunan dokumen perencanaan tahunan Kabupaten Mesuji selama lima tahun.

Dalam laporan ketua pelaksana musrembang RPJMD Kabupaten Mesuji asisten dua Yudi Santoso mengatakan, bahwa Musrembang RPJMD Kabupaten Mesuji ini diselenggarakan atas dasar ketentuan Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional,

Undang-undang nomor 23 tahun tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, peraturan Pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tatacara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah, dan Peraturan Menteri nomor 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tatacara evaluasi rancangan peraturan daerah, rancangan pembangunan jangka panjang daerah dan rancangan pembangunan jangka menengah, serta rencana kerja pemerintah daerah.

Bupati Mesuji Khamami sesaat setelah membuka musrembang RPJMD Kabupaten Mesuji mengatakan bahwa hari ini pemerintah Kabupaten Mesuji sedang menyusun raperda RPJMD, yakni untuk 2017-2022.

Ini ketentuan yang diatur oleh Undang-undang sistem perencanaan nasional, Kepala daerah serta wakil kepala daerah setelah dilantik, wajib menyusun rencana program pembangunan jangka menengah daerah lima tahun.

Visi-misi Khamami-Saply, terwujudnya pembangunan yang berkeadilan rakyat sejahtera serta keamanan yang terjaga, ini tertuang dalam RPJMD Kabupatan Mesuji.

dalam diskusi bersama  raperda RPJMD Kabupaten Mesuji, dihadiri kepala litbang Provinsi Lampung dan Bappeda Provinsi Lampung, hal tersebut  untuk menselaraskan RPJMD Kabupaten Mesuji dengan RPJMD Provinsi Lampung.

“Seyogyanya dari pemeritah pusat juga hadir untuk menyamakan RPJMD, sehingga tidak adanya tumpang tindih antara RPJMD Nasional dengan RPJMD Kabupaten Mesuji.” jelas Khamami. (sup)