Gubernur Lampung Beri Bantuan Untuk Disabilitas Mesuji

03 November 2017 - 21:40:50 | 118692 | HUMANIORA

DL/03112017/Mesuji

---- Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo memberikan bantuan 12 kursi roda, 8 alat bantu dengar, 4 kruk ketiak dan 4 tongkat putih. Bantuan tersebut diberikan kepada Penyandang Disabilitas (PD) hasil penjangkauan Tim Unit Rehabilitasi Sosial Keliling (UPSK) Provinsi Lampung, di Kabupaten Mesuji, Jumat 3 November 2017.

Menurut Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni, Tim UPSK berada di Kabupaten Mesuji sejak Senin 30 Oktober 2017 dan pada Sabtu 3 November 2017 dilaksanakan sarasehan sosial.

Sarasehan sosial dimaksudkan untuk meningkatkan pengertian masyarakat, instansi sosial, aparat pemerintah setempat terhadap permasalahan sosial penyandang disabilitas dan cara rehabilitasinya.

Menyampaikan permasalahan-permasalahan yang menonjol, hasil pelayanan UPSK yang memerlukan penyelesaian segera.

Disamping itu juga membangkitkan partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah setempat terhadap pelaksanaan rehabilitasi penyandang disabilitas di daerahnya, dengan menghimpun daya dan data yang bersumber dari masyarakat dan pemerintah daerah kota/kabupaten. Katanya.

Diinformasikan oleh Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Dinsos Lampung Sutikno yang juga ketua Tim UPSK Provinsi Lampung bahwa pelaksanaan UPSK berlangsung di Kecamatan Tanjung Raya, Pancajaya dan Mesuji melayani sebanyak 126 orang disabilitas. “Jenis disabilitasnya yakni 36 orang PD fisik, 23 orang PD Rungu Wicara, 15 orang PD Rungu, 22 orang PD Netra, 22 PD Intelektual dan 8 orang PD ganda.” ujarnya.

Masih menurut Sutikno Rekomendasi Tim UPSK terhadap para disabilitas yang memerlukan rujukan Bimbingan Sosial Ketrampilan sebanyak 10 orang dan mengikuti pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) ada 25 orang.

Sedangkan yang memerlukan alat bantu mobilitas berupa kursi roda dewasa sebanyak 6 orang, kirsi roda anak sebanyak 6 orang.

“Sedangkan alat bantu dengar ada 8 orang, Kruk Ketiak 4 orang dan tongkat putih ada 4 orang.” Ungkapnya. (Ppid-Dinsos)