Hari Kunjung Perpustakaan, Gebrak Minat Baca Masyarakat

28 September 2017 - 03:31:23 | 403 | PENDIDIKAN

DL/27092017/Kota Metro

Ada dua momen penting dalam bulan September di kalender Nasional yaitu sebagai Bulan Gemar Membaca dan dipertengah bulan tepatnya pada 14 September diperingati sebagai Hari Kunjung Perpustakaan.

Di kota Metro, Hari Kunjung Perpustakaan tersebut, dihadiri oleh Walikota Metro Achmad Pairin dan Wakil Walikota Djohan serta Ketua DPRD Kota Metro, Anna Morinda.

Kegiatan itu dipusatkan di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah Kota Metro di Jalan Ade Irma Suryani Metro Pusat, pada Rabu 27 September 2017.

Pada kesempatan itu, Walikota mengapresiasi kegiatan ini. Dimana dari kegiatan ini diharapkan mampu mendukung Visi Kota Metro sebagai Kota Pendidikan dan Wisata Keluarga berbasis Ekonomi Kerakyatan Berlandaskan Pembangunan Partisipatif.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadikan masyarakat kota Metro menjadi pandai, salah satunya dengan membiasakan diri untuk membaca dan melalui kegiatan inilah kita dapat membiasakan diri untuk membaca. Semoga program yang bagus ini dapat berjalan terus. Sehingga warga kota Metro menjadi warga yang gemar membaca dan bertambah ilmu dan wawasannya,” kata Pairin.

Sementara pihak panitia penyelenggara sengaja menutup jalan Ade Irma Suryani sepanjang 100 meter kusus diperuntukkan bagi pengunjung untuk dapat melihat koleksi buku-buku atau lokasi untuk membaca.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearispan Daerah Kota Metro, Syahcri Ramadan menyampaikan bahwa tema kegiatan ini adalah melalui hari kunjungan perpustakaan kita tingkatkan minat dan budaya baca masyarakat Kota Metro.

Tujuannya untuk menumbuh kembangkan gemar membaca melalui berbagai media bacaan yang Menarik, agar minat baca anak-anak tentang buku-buku cerita budaya daerah dan yang lainnya semakin kembangkan serta menumbuhkan kecintaan kepada masyarakat akan budaya membaca.

“Kegiatan ini sudah berjalan sejak  Agustus dan puncaknya pada hari ini.  Peserta yang mengikuti lapak baca sebanyak 67 peserta. Mereka terdiri dari 11 SD, 7 SMP, 8 SMA, 1 Perguruan Tinggi, 8 OPD, 11 Rumah Pintar, 21 peserta umum dan pribadi. Ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan kembali semangat literasi di Kota Metro,” jelasnya.

Diawal kegiatan, acara diisi empat kegiatan lomba diantaranya, lomba mewarnai tingkat TK, Lomba bercerita tingkat SD, Lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SMP dan Lomba cipta dan baca puisi tingkat SMA. (Igun)