Awal Oktober Sudah Kirim Wakil Lampung

23 September 2017 - 08:53:06 | 31752 | OLAHRAGA

DL/23092017/Kota Metro

---- Batas akhir per 1 Oktober 2017, setiap provinsi harus sudah mengirimkan wakilnya ke Federasi Futsal Indonesia (FFI) untuk diikut sertakan dalam Liga Nusantara Nasional pada musim kompetisi 2018.

Dari Lampung ada kemungkinan 4 tim yang kini sudah memasuki fase semifinal punya kans sama menjadi wakil Lampung, yakni 9 Naga, Tunas Muda Lampung, Crimson dan Futsal Kota Metro. Di bagian putri ada dua tim yakni Crimson Flyover dan Unila Woman punya kans yang sama.

Penentuan wakil Lampung akan dilangsungkan pada pertandingan final Minggu, 24 September 2017 di lapangan Giga Futsal Arena, 16C Kota Metro, Lampung.

Wakil Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung, Edi Purwanto mengatakan bahwa tahun ini kompetisi lokal dilaksanakan di Kota Metro dengan menunjuk Asosiasi Futsal Kota Metro sebagai pelaksananya, diharapkan akan menjadi model pelaksanaan yang bergiliran diwaktu yang akan datang.

“Kalau kami dari AFP Lampung, selalu ingin para praktisi futsal di Lampung bisa berkompetisi dengan baik dan sehat. Lampung juga harus menyeluruh. Lampung terdiri dari 15 kabupaten dan kota yang ada beberapa lokasi berpotensi bisa menjadi tuan rumah dan penyelengara Liga Nusantara tingkat provinsi. Ini agar menjadi pembelajaran banyak pihak di luar Bandarlampung agar mampu melaksanakan even tingkat provinsi, dan kelak seluruh daerah bisa dimintai partisipasinya.” Katanya.

Dengan demikian, akan terjadi pemerataan kemampuan dalam berorganisasi khususnya dalam mengurus pengembangan olahraga futsal. “Selama ini kan bersentral di Bandarlampung, maka kami mencoba untuk sedikit melebar ke daerah. Yang kebetulan dari Kota Metro ini dari segala sisi dianggap mampu untuk melaksanakannya. Baik dari sisi venue maupun finansial.” Tambahnya.

Menurut pemilik media detiklampung.com ini, tahun berikutnya kemungkinan akan dilangsungkan di daerah lain yang ditunjuk atau mengajukan diri sebagai host. “Kita harus berfikir pembinaan jangka panjang. Jika Futsal ini terus dikembangkan dan di beberapa daerah mulai mempunyai sarana dan prasarana yang memadai maka tidak akan diragukan lagi  bahwa perkembangan futsal akan baik. Paling tidak akan muncul satu dua pemain dari daerah di luar Bandarlampung.” Ungkapnya.

Diharapkan dalam pertandingan-pertandingan diberbagai even juga akan memunculkan pemain-pemain berkualitas lainnya. (igun)