Taman Bermain Pelangi Kunjungi Taman Hortikultura Lampung

21 September 2017 - 08:50:25 | 5859 | PENDIDIKAN

DL/21092017/Bandar Lampung

---- Anak-anak Kelas Planet Taman Bermain Pelangi (TB Pelangi) Bandar Lampung mengunjungi Taman Holtikultura yang berada di Kebun Kelapa, Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang Kabupaten Lampung Selatan, dekat dengan perbatasan Kota Bandar Lampung, Rabu 20 September 2017.

Kegiatan ini merupakan pembelajaran lanjutan di kelas yang bertema memperkenalkan tanaman. Di Taman Holtikultura anak-anak belajar bagaimana merawat berbagai macam tanaman mulai dari sayur-sayuran hingga berbagai macam bunga.

Spot bunga Anggrek adalah yang pertama dikunjungi. Di sini anak-anak diajarkan bagaimana cara menanam dan merawat bunga Anggrek agar bisa hidup hingga bermekaran cantik. Selanjutnya anak-anak berkeliling menuju spot sayur-sayuran. Di sini anak-anak langsung praktek bagaimana menanam, merawat, hingga memberikan pupuk ke berbagai macam sayur-sayuran.

Hidayati, Kepala Sekolah yang ikut dalam rombongan mengutarakan bahwa kegiatan field trip ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk Kelas Planet, tetapi untuk tahun ini mengambil tema memperkenalkan tanaman.

“Kami ingin anak-anak melihat langsung berbagai macam tanaman yang ada di Indonesia, sehingga kami memilih Taman Holtikultura untuk pembelajaran, kelebihan di taman ini yaitu mengenalkan kepada anak-anak metode budidaya pertanian modern mulai dari pembenihan, pembibitan, produksi tanaman, hama dan penyakit, hingga memanen hasil tanaman,” katanya.

Ini akan memberikan pengetahuan lebih ke anak-anak selain hanya mengenal macam-macam tanaman, diharapkan anak-anak tahu proses dari tanaman itu sendiri.

Dr. Andi Desfiandi, SE., MA, ketua Yayasan Alfian Husin mengatakan bahwa pengenalan berbagai macam tananam sejak dini itu lebih baik.

Selain memberikan edukasi ke anak-anak tentang manfaat berbagai macam tanaman di Indonesia, kegiatan ini juga melatih rasa empati anak-anak agar selalu menjaga berbagai macam tanaman hidup di sekitarnya.  

“Mengenalkan berbagai macam tanaman dan cara menanam serta merawatnya sejak dini sangat baik, selain melatih empati anak-anak terhadap lingkungan kegiatan ini juga mengajarkan untuk kita selalu menjaga dan melestarikan tanaman-tanaman yang ada di sekitar kita,” ungkap Andi

Taman Holtikultura Lampung merupakan Kebun PKK Provinsi Lampung mulai dibangun pada tahun 2014 oleh Dinas Pertanian pangan dan Holtikultura Provinsi Lampung, dan diresmikan Gubernur Lampung pada 17 Februari 2015.

Taman ini diharapkan menjadi tempat yang menarik untuk masyarakat Lampung untuk belajar bercocok tanam dan panen, memetik langsung hasil kebun buah, sayur, dan bunga (Florikultura), serta tanaman-tanaman obat (biofarmaka). (Lis)