Tarung Drajat Angkat Derajat Lampung

19 September 2017 - 20:00:11 | 1215 | OLAHRAGA

DL/20092017/SEMARANG

---- Para atlet acabang olahraga  Tarung Derajat Lampung akhirnya mampu mengangkat derajat kontingen Lampung di arena boxer, setelah meraih satu medali emas dan satu perak pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017, Semarang-Jawa Tengah.

Pada hari terakhir pertandingan Tarung Derajat yang digelar di GOR Satria, Semarang, dua petarung Lampung yang tampil dibabak final mendulang medali Emas dan Perak.

Cikal Farah Labita yang tampil dikelas 43,1 kg putri, berhasil mempersembahkan medali emas bagi kontingen Lampung setelah di final mengkandaskan perlawanan petarung Jawa Barat, Huda Nur dengan skor 2-1.

Perjuangan keras harus dilalui Farah karena lawan yang dihadapi memiliki postur tubuh yang cukup tinggi. Hal ini menyulitkan andalan Lampung itu untuk melakukan pukulan maupun tendangan.

Namun dengan memanfaatkan agresivitas dan dan permainan taktis, Farah mampu mengimbangi lawannya. Bahkan Huda Nur terlihat kesulitan melakukan tendangan maupun pukulan.

Sebaliknya Farah mampu mencuri poin dengan beberapa pukulan maupun tendangannya mengenai sasaran. Dan wasitpun memutuskan kemenangan bagi petarung Lampung.

Namun petarung Lampung lainnya yang tampil di kelas 37,1-43 kg putra, Septin Zeri yang harus puas dengan medali perak. Dibabak final, Septin harus mengakui ketangguhan petarung asal Sumatera Barat, M Jupri dengan skor akhir 1-2.

Diawal ronde pertama, Septin sebenarnya tampil trengginas yang langsung melancarkan pukulan dan mengenai lawan. Namun dipertengahan ronde pertama, Septin kecolongan. Pukulan M Jupri mendarat telak ke wajah Septin yang menyebabkan andalan Lampung tersebut mendapat hitungan.

Dironde kedua, Septin mencoba mengejar ketertinggalan dalam pengumpulan poin. Namun beberapa pukulan M Jupri masuk mendarat ke wajah Septin.

Baru pada ronde ketiga, Septin mampu membalas dengan memukul jatuh M Jupri dan wasitpun menghitung petarung Sumbar tersebut.

Sayang hal tersebut terlambat, karena wasit dan dewan juri memutuskan kemenangan untuk M Jupri dengan skor tipis 1-2, serta berhak atas medali emas.

“Sudah maksimal, dua petarung kita tampil luar biasa. Cikal tampil penuh percaya diri, walaupun dua jam sebelum pertandingan sempat mengalami drop akibat sakit kepala. Namun semangat dan mental juara lah yang berbicara. Hal yang sama juga ditunjukkan Septin, walaupun kalah dia kalah secara terhormat,” ujar Yuda Putra pelatih tarung derajat Lampung.  (sid)