Popnas: Halim Sumbang Emas Karate

19 September 2017 - 06:16:22 | 406 | OLAHRAGA

DL/19092017/SEMARANG

---- Cabang Karate menambah perbendaharaan medali kontingen Lampung di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XIV 2017 Semarang, Jawa Tengah. Pada partai final karate kumite 61 kg yang digelar Minggu 17 September 2017 sore di GOR Patriot Kodam IV Diponegoro, Semarang, Nur Halim Arlendi berhasil mempersembahkan medali emas setelah dibabak final menaklukkan andalan DKI Jakarta, M Fareza dengan skor tipis, 2-1.

Laga final antara Halim kontra Fareza disaksikan langsung oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Hannibal, memberikan suntikan tersendiri bagi atlet binaan PPLP Karate tersebut.

Halim yang memang ditargetkan untuk meraih medali emas, tampil begitu superior sebelum menjejakkan kakinya dibabak final.

“Alahamdulillah, halim mampu mempersembahkan medali emas buat Lampung. Pertandingan final berlangsung ketat, dimana keduanya tidak ingin kecolongan. Namun halim lebih agresif dan mampu mengatur ritme pertandingan. Hasilnya Halim mampu mengalahkan andalan DKI Jakarta,” ujar M Jose Rizal pelatih karate Lampung seusai pertandingan.

Dengan demikian, medali emas diraih Nur Halim Arlendi, medali perak untuk M Fareza dan perunggu menjadi milik Alfian Adhi (Jawa Barat) dan Nova Ternater (Jawa Timur).

“Saya senang dan bangga dengan hasil ini. Persiapan yang saya lakukan tidak sia-sia dan ini saya persembahkan buat Lampung dan kedua orang tua saya,” kata Halim seusai pengalungan medali.

Selain meraih satu medali emas, cabang karate juga mempersembahkan satu medali perunggu dari nomor kata beregu putra. Medali emas beregu putra ini direbut Jawa Tengah, perak untuk Sulawesi Selatan. Dihari ketiga pertandingan karate besok Senin (hari ini, red), Lampung masih menyisakan 4 karate dinomor kumite perorangan.

Keberhasilan tim karate disambut gembira oleh Kadispora Lampung, Hannibal. Menurut Hannibal, halim memiliki mental juara selain teknik dan fisik yang mumpuni. Bahkan Halim merupakan karateka masa depan lampung yang dipersiapkan untuk menghadapi berbagai even nasional maupun internasional.

“Halim adalah karateka yang memiliki teknik, fisik dan mental bertanding yang sangat baik. Semoga hasil yang diraih Halim mampu menambah motivasi untuk berprestasi lebih tinggi lagi,” kata Hannibal yang juga sebagai Ketua Umum Pengprov Forki Lampung.  

Taekwondo Raih Perak

Sementara dari cabang taekwondo, Lampung harus puas meraih satu medali perak dan satu perunggu. Medali perak disumbangkan oleh M Fajar yang tampil di kelas 78 kg putra. Sedangkan medali perunggu diperoleh oleh Yosep Vincen dikelas 48 kg.

“Inilah hasil terbaik yang diraih anak-anak. Semoga kedepannya taekwondo Lampung khususnya dikelompok pelajar terus menorehkan prestasi,” ujar Heliandri pelatih taekwondo Lampung. (sid)