Gepeng Dapat Bantuan Dari Kemensos RI

16 September 2017 - 19:54:50 | 675 | HUMANIORA

DL/15092017/Banarlampung

--- Upaya untuk mewujudkan kesejahteraan sosial bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) terus dilakukan oleh pemerintah. Kali ini program tersebut diarahkan bagi warga masyarakat yang termasuk dalam kategori gelandangan pengemis (gepeng).

Program Pengembangan Usaha Ekonomi Produktif bagi gepeng dilaksanakan oleh Kementerian Sosial RI bersama Dinas Sosial Provinsi Lampung untuk 50 gepeng di Aula Dinas Sosial Provinsi Lampung Sabtu 15 September 2017.

Bantuan ini diserahkan Kemensos RI yang diwakili oleh Kasubdit Rehabsos Gepeng, Drs. Agus Hisbulah, M.Si. kepada Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Drs. Sumarju Saeni, M.Sc, kemudian diteruskan  kepada Ketua Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) Kreasi sebagai mitra kerja Kemensos RI. Untuk kemudian disalurkan ke rekening masing-masing penerima manfaat.

Sumarju Saeni mengatakan bahwa sebagai bentuk tanggungjawab penerima manfaat atas bantuan yang telah diterimanya, diharapkan mereka mampu melaksanakan pengembangan usaha sehingga dapat meningkatkan pendapatannya serta menumbuhkan rasa percaya dirinya.

“Saya berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha, bukan untuk pembelian barang yang untuk konsumtif semata,” katanya.

Sementara itu Agus Hisbulah, mengatakan, bahwa berdasarkan hasil moneva, di tahun 2017 ini program tersebut dilaksanakan di Lampung dan Bali. Masing-masing mendapatkan alokasi bantuan untuk 50 orang, dengan nilai bantuan sebesar Rp4 juta per orang. 

Program ini merupakan tindaklanjut program kemandirian usaha ekonomi produktif bagi gepeng pada tahun 2015.

Ditambahkan oleh Kabid Rehabsos Dinsos Prov. Lampung, Dra. Ratna Fitriani, bahwa penerima manfaat sebanyak 50 orang berasal dari 3 kabupaten dan kota, yakni: Kabupaten Lampung Selatan 17 orang, Lampung Tengah 10 orang dan Kota Bandar Lampung 23 orang. (Ppid-Dinsos)