Desa Kibang Manfaatkan DD Untuk Bangun Jalan Lingkungan

14 September 2017 - 01:18:43 | 397 | BERITA DAERAH

DL/14092017/Lampung Timur

---- Laju pembangunan di tingkat Desa, terutama dalam bidang infrastruktur saat ini mulai nampak kemajuannya. Di wilayah Lampung Timur, tepatnya di Desa Kibang Kecamatan Metro Kibang, pembangunan infrastruktur menjadi target utama untuk memajukan wilayah pedesaan serta mengangkat roda perekonomian.

Dengan program Pemerintah Pusat yang menggelontorkan anggaran hingga trilyunan rupiah melalui APBN 2017 untuk memajukan pembangunan di tingkat Pedesaan kini benar-benar menjadi harapan bagi setiap masyarakat guna mendapat pembangunan bidang infrastruktur yang layak dan memadai.peluang ini ditangkap dengan baik oleh jajaran perangkat Desa Kibang untuk memajukan pembangunan di desanya.

Kusus di Desa Kibang, dana Desa (DD) saat ini dimanfaatkan untuk memperbaiki jalan Desa yang rusak, yang berlokasi di Dusun III, Dusun V dan Dusun 6 yaitu peningkatan kualitas jalan tanah menjadi onderlaag sepanjang 1.012 m serta gorong-gorong sebanyak 6 unit dengan anggaran mencapai Rp168.872.

Sementara di Dusun II, Dusun III dan Dusun X dilakukan peningkatan kwalitas jalan dari underlagh menjadi Lapen, sepanjang 1.936 m dengan anggaran mencapai Rp.449.329.000.

Hal ini disampaikan oleh Camat Metro Kibang, Edi Harnowo saat meninjau lokasi jalan yang tengah dikerjakan di Dusun X Desa Kibang, Rabu 13 September 2017.

“ Saya berharap semua pihak untuk dapat secara bersama-sama mengawasi pelaksanaan pembangunan yang ada. Jangan setelah pekerjaan selesai baru ada komplain, jadi kalau ada pekerjaan yang kurang pas atau tidak sesuai saat inilah kita tegur bersama-sama agar pihak pelaksana segera melakukan perbaikan,” kata Edi Harnowo

Edi berharap dengan anggaran yang cukup besar dikucurkan oleh Pemerintah hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga menghasilkan pembangunan yang berkualitas dan memuaskan.

Selain itu, dalam melaksanakan pekerjaan juga harus sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang sudah ada, sehingga dikemudian hari tidak terjadi kendala.

Sementara, pendamping Desa bidang Tekhnik Diki Santana menambahkan, selain untuk pembangunan infrastruktur anggaran DD sebesar 20 persen diperuntukkan bagi pelatihan kapasitas masyarakat.

Hal ini mencakup pelatihan Kader di desa, pelatuhan ketarmpilan masyarakat serta pelatihan teknologi tepat guna .

“ Hal ini dilakukan untuk meningkatkan taraf hidup serta ketrampilan masyarakat agar masyarakat memiliki ilmu dan ketrampilan sehingga mampu membangkitkan dan mensejahterakan perekonomian masyarakat Desa,” tandasnya.

Pada kegiatan tersebut turut dihadiri, Kepala Desa Kibang Suwondo, Babinsa Koramil Metro Kibang, Babinkamtibmas Polsek Metro Kibang, aparatur Desa, Masyarakat, tokoh masyarakat setempat. (Igun)