Agung: Manfaatkan Menu Olahan Bahan Lokal

08 September 2017 - 22:17:47 | 283 | BERITA DAERAH

DL/08092017/Kotabumi

---- Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara bersama wakil bupati Sri Widodo dan Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara Endah Kartika Prajawati Agung, ikut larut dalam acara Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi Seimbang Aman (B2SA) sekaligus meresmikan Pusat Pemasaran Bersama Produk Usaha Peningkatan, di halaman Anjungan PKK Kabupaten Lampung Utara, Kamis 7 September 2017.

Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya konsumsi pangan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman, mendorong dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam menciptakan menu olahan yang beragam berbasis sumber daya lokal. 

Dengan kegiatan ini diharapkan terciptanya keanekaragaman menu masakan berbasis pangan lokal, meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat, sehingga dapat menurunkan tingkat ketergantungan masyarakat terhadap bahan pangan tertentu dan dapat memanfaatkan bahan pangan lokal dan meningkatkan usaha pangan lokal di tingkat Nasional. 

Ketua TP PKK Endah Kartika Prajawati menjelaskan bahwa makanan lokal atau tradisional merupakan bagian dari kekayaan ragam kuliner dan jati diri bangsa. Oleh sebab itu wajib dilestarikan.

“Program pangan ini dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran betapa pen­tingnya makanan sehari-hari yang menarik, murah dan bergizi, serta pengolahan makanan yang tepat dalam membentuk keluarga yang sehat, cerdas dan kuat.” ujar Endah.

Selain itu, Endah menyatakan kegiatan ini juga dalam rangka membudayakan kembali pangan lokal, yang dapat memberikan alternatif pilihan asupan gizi yang lebih beragam, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan membangkitkan perekonomian daerah.

Dalam kesempatan itu, Endah juga meresmikan Pusat Pemasaran Bersama Sentra Oleh-Oleh, sebagai sarana untuk memasarkan produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), serta sebagai pusat oleh-oleh khas Daerah Lampung Utara.

“Saya harap Sentra Oleh-oleh ini dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana untuk memperkenalkan hasil industri masyarakat Lampung Utara. Jika ada warga yang ingin memasarkan produknya, silahkan untuk menghubungi Ketua TP PKK Kecamatan masing-masing.” Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Agung Ilmu Mangkunegara mengungkapkan bahwa salah satu cara menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul dengan memperbaiki kualitas konsumsi pangan masyarakat. 

“Kegiatan ini sangat membantu dan mendukung pemerintah dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat. Selain itu juga dapat dijadikan sarana memasyarakatkan makanan khas tradisional sekaligus dapat menjadi sebagai salah satu wisata kuliner, yang memanfaatkan bahan yang banyak tumbuh subur di Kabupaten Lampung Utara.” jelas Agung. (Zani)