Pairin : Program Ini Upaya Menumbuhkan Gotong Royong

08 September 2017 - 20:24:37 | 6696 | HUMANIORA

DL/08092017/Kota Metro

---- Walikota bersama dengan Wakil Walikota Metro beserta jajarannya mengahadiri kegiatan bakti sosial yang diselenggarakan oleh Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Metro, yakni Bedah Rumah Warga yang pelaksanaannya berlokasi di rumah Mujiono, warga Kelurahan Ganjar Asri, Metro Barat, Jumat 8 September 2017.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua PSMTI Pusat dan SPDB Pangeran Edward Syah Pernong Sultan Skala Brak Yang Dipertuan ke 23, serta Ketua Forum Komunitas Umat Beragama (FKUB) Kota Metro dan Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Kota Metro, serta masyarakat.

Ketua PSMTI Kota Metro, Gunawan Qie mengatakan, Bedah Rumah warga Kota Metro merupakan salah satu agenda kerja tahun 2017 PSMTI Metro yang telah dicanangkan pada awal Januari 2017.

Ini bertujuan untuk memberikan bantuan kepada masyarakat Kota Metro untuk memiliki rumah yang sehat di atas tanah miliknya sendiri.

Hal ini juga sebagai upaya menumbuhkan kembali semangat gotong royong dari masyarakat sekitar rumah yang dibedah, memberikan motivasi kepada masyarakat Tionghoa untuk terus mewujudkan hidup bernegara dan berbangsa yang baik bagi sesama serta menjaga kerukunan ditengah-tengah masyarakat.

Khususnya di Kota Metro serta menjadi mitra kerja bagi pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan sebagai gerak langkah bersama membangun Bangsa dan Negara.

“Semoga apa yang telah kami lakukan ini dapat bermanfaat bagi warga dan Kota Metro, dan kami berharap warga Tionghoa Kota Metro terus bergandengan tangan dalam PSMTI untuk mewujudkan kegiatan social yang berguna untuk kita semua khususnya warga Kota Metro.” kata Gunawan Qie.

Sementara, Walikota Metro Achmad Pairin mengucapkan terimakasih kepada PSMTI Kota Metro yang telah mengadakan bakti sosial Bedah Rumah Warga Kota Metro.

Diakuinya, PSMTI Metro sangat aktif pada kegiatan sosial yang ada di Kota Metro, diantaranya Bedah Rumah, Operasi Katarak, Donor Darah, Jalan Sehat, Seminar Kesehatan Wanita, Kunjungan ke Panti, dan bagi Sembako.

 “Atas nama masyarakat dan pemerintah Kota Metro, kami memberikan apresiasi dan terimakasih kepada PSMTI Kota Metro yang telah mengadakan bedah rumah ini, PSMTI Metro sangatlah solid dan kami sangat mendukung kegiatat tersebut.” Jelas Pairin.

Program Bedah Rumah yang dilakukan oleh PSMTI Kota Metro, merupakan bukti nyata dalam upaya membantu masyarakat kurang mampu, khususnya Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Metro.

Dengan adanya program ini, masyarakat golongan tidak mampu dapat memiliki rumah yang sehat dan layak huni. Hal ini juga sebagai motivasi terhadap komponen masyarakat agar memiliki rasa kepedulian sosial terhadap warga kurang mampu di lingkungannya masing-masing.

“Mudah-mudahan selain PSMTI, ada organisasi masyarakat lain yang dapat melakukan kegiatan seperti ini, sehingga apa yang menjadi tujuan dan harapan kita bersama dapat kita capai, yakni mewujudkan Kota Metro yang lebih baik lagi.” Tambah Pairin.

Usai sambutan, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kunci rumah, pemotongan pita, dan foto bersama, serta kunjungan bersama ke 5 lokasi bedah rumah. (igun)