Gelar Adat, Berlian Angkat Saudara Dedi Mawardi

16 Desember 2013 - 01:21:44 | 3483 | SENI & BUDAYA

DL/15122013/Bandarlampung

Sekprov Lampung Berlian Tihang, mengangkat Irjen pol ( purn ) Dedi Mawardi sebagai saudara (Angkon Muaghi ), dengan gelar adat Rajo Kuaso, pengangkatan saudara tersebut, dilakukan secara adat yang digelar di kediaman Sekdaprov, Berlian Tihang di jalan Kepayang, Rajabasa Bandarlampung.
Prosesi adat diawali dengan beberapa pantun dan tarian adat Lampung, kemudian  mempertemukan kedua pihak, dimediasi oleh tokoh adat Lampung. Sekdaprov Lampung Berlian Tihang mengatakan, Begawi Adat Mewaghi atau upacara mengangkat saudara sebagai tradisi dan budaya daerah yang terus dilestarikan dan dikembangkan. " Saya dengan Pak Dedi sudah lama kenal, sehingga pada kesempatan ini, saya mengangkat pak Dedi sebagai saudara saya, yang diangkat secara adat dengan gelar adat Rajo Kuaso. " ujar Berlian.
Bukan saja Dedi, namun juga sudah mengangkat saudara beberapa orang, salah satunya Sekda Pringsewu. " Angkon muaghi ada dua macam, karena bermusuhan lalu damai, adanya karena baik, diangkat saudara. " jelasnya.
Sementara itu menurut Gubernur Lampung, Sjachroedin ZP, mengatakan, adat Lampung angkon muaghi ini harus dilestarikan, karena adat ini berdampak sangat baik mengajak warga yang bukan suku Lampung, memahami adat Lampung dan ada rasa memiliki Lampung.
“Gelar Budaya Begawi Adat Mewaghi merupakan bukti, pemerintah  dalam melestarikan tradisi, seni budaya sekaligus mengangkat citra pariwisata," ujar Sjachroedin ketika ditemui usai acara adat. (rb-04)

ilustrasi dari panoramio.com