Sepuluh Tim Ikuti Linus Futsal Lampung

07 September 2017 - 22:51:37 | 675 | FUTSAL MANIA

DL/07092017/Bandarlampung

---- Hasil pertemuan akhir dalam Technical Meeting klub-klub peserta Liga Nusantara (Linus) Futsal zona Lampung diputuskan hanya 10 klub peserta futsal pria dan dua futsal wanita. Tahun sebelumnya, Linus ini diikuti 14 tim pria dan tiga wanita.

“Beberapa tim yang tidak ikut dalam Linus kali ini memang terbentur persyaratan, yakni akte notaries klub dengan AD ARTnya. Jadi mereka yang hingga hari terakhir pendaftaran belum memiliki syarat itu, maka diberikan kesempatan mengurusnya untuk keikutsertaan tahun depan,” kata Edi Purwanto, Wakil ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Lampung, Rabu, 6 September 2017.

Memang persyaratan disepakati bersama sebulan sebelumnya, karena menyangkut kelengkapan sebagai klub amatir yang harus memiliki akte notaries dengan berbagai persyaratan lainnya.

“Ini diajukan oleh AFP kepada tim-tim anggotanya, agar memiliki berkas klub secara resmi dengan legalitas didaftarkan pada notaries lengkap dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya. Kita akan terus melakukan edukasi bagaimana kelengkapan sebuah klub dari sisi administrasi dan sebagainya, agar rasa tanggungjawab para pemilik dan pelatih terhadap klub akan jauh lebih serius,” tambahnya.

Dalam Linus kali ini, AFP Lampung menunjuk Askot Kota Metro untuk melaksanakan sebagai panitia penyelenggara, yakni di lapangan Giga Futsal Arena Kota Metro. Dengan sarana dan prasarana yang memadai dinilai cukup untuk menggelar iven zona Lampung itu.

Penunjukan Kota Metro itu sudah disosialisasikan sejak lama kepada seluruh klub peserta dan akhirnya disetujui bersama. “Memang sebelumnya beberapa klub keberatan untuk melakukan pertandingan di Metro. Kami berasumsi bahwa ini liga zona Lampung, dan Metro adalah bagian dari provinsi Lampung. Tidak ada masalah buat AFP. Sebab ketika pelaksanaan di Bandarlampung, maka beberapa klub yang dari Kotabumi, Metro dan Pringsewu  tetap hadir tidak komplain.” Ujar Edi.

Dengan demikian seharusnya seluruh klub juga tidak perlu mengeluh kalau pelaksananya di Metro. “Kalau tahun depan Lampung Utara atau kabupaten lain mempunyai lapangan yang standar nasional, silahkan mengajukan untuk menjadi tuan rumah. Kalau itu memenuhi standarnya maka kami akan menunjuknya sebagai tuan rumah.” Ungkap Don Pecci, panggilan akrab Edi Purwanto.

Dua Grup

Dari sepuluh peserta futsal pria itu dibagi menjadi dua grup, sementara yang wanita akan dipertandingan sebagai pertandingan final dan waktunya akan digelar bersamaan dengan final di bagian putra.

Di grup A ada lima klub yakni Lampung Phinisi, I Bianconeri Fc, Futsal Kota Metro, Tunas Muda Lampung Fc, Belut Fc. Sementara di grup B ada Sembilan Naga Futsalismo, No Name Fc, Crimson Fc, Bushjump Srikandi, Galaxy Fc. Sedang dua klub wanita adalah Crimson Fly Over dan Unila Women.

Sistem yang akan dipergunakan adalah setengah kompetisi di setiap grup dan akan mengirimkan dua peringkat teratas di final four.

Untuk pertandingan penyisihan grup akan dilaksanakan pada setiap hari Sabtu dan Minggu saja mulai 9 dan 10 September, 16 dan 17 September, 23 dan 24 September 2017. Sedangkan untuk screening pemain akan dilakukan Jumat, 8 september 2017 di Interganda Futsal Arena, mulai pukul 13.00 hingga 17.00 wib.

“Kami minta semua peserta agar melakukan tahapan sebaik mungkin dan belajar mengharagi sebuah even resmi yang wakilnya kelak akan melakukan pertandingan di tingkat nasional. Belajar disiplin organisasi sejak masih di daerah akan jauh lebih baik. Terutama untuk persyaratan-persyaratan tim,” tambah Don Pecci. (adi)