Lima Fraksi DPRD Metro Soroti Pembangunan MCC

05 September 2017 - 00:33:24 | 459 | PARLEMENTARIA

DL/04092017/Kota Metro

---- Dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Metro, kembali menggelar rapat paripurna pandangan umum Fraksi atas Raperda perubahan 2017. Pada rapat Paripurna kali ini lima Fraksi menyoroti pembangunan Metro Convention Center (MCC).

Dewan meminta Pemerintah Kota (Pemkot) Metro agar mengekspose rencana pembangunan kepada DPRD dan masyarakat Bumi Sai Wawai secara terbuka dan transparan.

Seperti diungkapkan oleh Sekretaris Fraksi Gerinda, Aryanto, pihaknya belum tahu gambaran pembangunan seperti apa. Pemkot wajib mengekspos pembangunan MCC karena memakan dana APBD cukup besar. Hal ini Ia sampikan saat Paripurna pandangan umum fraksi atas raperda perubahan APBD 2017, Senin 4 September 2017.

“Juga libatkan tokoh adat dan masyarakat, agar tidak ada masalah di kemudian hari. Kita juga minta tetap mempertahankan rumah wedana yang ada di lokasi MCC,” tegasAryanto.

Sementara, Ketua Fraksi Kebangkitan Nasional Alizar menilai, sesuai Permendagri Nomor 31 Tahun 2016, tiap kegiatan yang menggunakan lebih dari satu tahun anggaran harus mendapat persetujuan DPRD.

“Itu artinya, berita acara MCC harus ada. Supaya tidak bertentangan dengan aturan. Karena kami sampai saat ini belum tahu seperti apa dan bagaimana rencana pembangunan tersebut,” jelas Alizar.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Fraksi PKS Zas Dianur Wahid. Dikatakannya pihak  eksekutif belum pernah menyampaikan rencana pembangunan MCC secara keseluruhan kepada dewan. Pihaknya meminta agar ada ekspos MCC di DPRD secara jelas dan gamblang.

Ria Hartini dari Fraksi PDIP mengingatkan, agar pelaksanaan pembangunan MCC harus sesuai aturan perundang-undangan. Dan gedung eks Wedana tetap dipertahankan dan diperbaiki.

Begitu juga dengan Larasati, dari Fraksi Demokrat. Ia meminta, pembangunan MCC tidak menimbulkan masalah. Karenanya, wajib memperhatikan peraturan dan melibatkan semua pihak. (Igun)