Malam Ini, Arinal Akan Disambut Kesenian Tradisional Bali

24 Agustus 2017 - 15:28:12 | 3063 | SENI & BUDAYA

DL/24082017/Bandarlampung

----- Bakal calon Gubernur Lampung, Arinal Djunaedi akan kembali disambut dengan sejumlah kesenian tradisional Bali, dalam sosialisasinya di kawasan Way Panji, Lampung Selatan.

Sebelum menggelar wayang Bali fenomenal, Cenk Blonk dengan dalang Nyoman Nardayana, sejumlah kesenian Bali seperti Tari Pendet dan beberapa tari Topeng tunggal, seperti Topeng Keras, Topeng Tua dan Topeng Monyer, akan menjadi sesuguhan menjelang wayangan.

“Selain itu masih tetap ada Bebondresan, yang merupakan kesenian dengan berbagai guyonan serta nasihat untuk generasi muda,” kata Made Bagiase, sebagai koordinator acara kesenian Bali itu.

Made menegaskan bahwa akan didaya gunakan beberapa potensi lokal dalam kesenian daerah Bali ini. Karena di Lampung, kesenian Bali juga berkembang dan tetap dilestarikan. Sebagai bagian dari kesenian Indonesia, maka seni budaya Bali menjadi penting untuk tetap lestari dimanapun masyarakat Bali berada.

Pada penampilan wayang Cenk Blonk di lapangan Merdeka Seputih Raman, Lampung Tengah, Rabu malam 23 Agustus 2017, antusias warga luar biasa. Lapangan di pinggir jalan pinggiran irigasi itu padat dengan ribuan penonton, bahkan bukan hanya dari etnis Bali saja.

“Kami kembali akan mensosialisasikan dan mengumumkan ke masyarakat tentang gelar pak Arinal sebagai Penelisir Agung. Dengan gelar itu, maka pak Arinal adalah sebagai orang tua kita, sesepuh kita,” tambah Made.

Masyarakat akan kembali disuguhi penampilan Nyoman Nardayana dalam wayang Bali Cenk Blonk di lapangan desa Bali Nuraga, Kecamatan Way Panji, Lampung Selatan, mala mini Kamis, 24 Agustus 2017. (sapto)