Launching Penyaluran Bantuan PKH Lambar

23 Agustus 2017 - 00:18:07 | 1890 | BERITA DAERAH

DL/22082017/Lambar

---- Penyaluran Bantuan Program Keluarga Harapan ( PKH ) Tahap I Dan II Tahun 2017 Kabupaten Lampung Barat diadakan di Pekon Kenali Kecamatan Belalau, Selasa 22 Agustus 2017.

Kabid Bantuan Dan Rehabilitasi Sosial Ruspel Gultom SH. MM., menyampaikan, terkait dengan penyaluran PKH Kabupaten Lambar tahun ini adalah penerima manfaat program PKH pada tahap pertama sebanyak 6.698 peserta.

Tahap ke II sebanyak 6.646 peserta dan Tahap ke III sebanyak 6.644 peserta yang tersebar di 15 kecamatan, 131 Pekon dan 5 Kelurahan dengan jumlah pendamping 32 orang.

Dijelaskan Rusfel, proses penyalurannya dimulai sejak tanggal 21 sampai 30 Agustus 2017 dan untuk penyaluran di kecamatan belalau ini sebanyak 1.219 peserta yang terdiri dari Kecamatan Batu Brak 241 peserta, Batu Ketulis 499 peserta dan Kecamatan Belalau sebanyak 479 peserta.

“Keterlambatan penyaluran tahun ini dikarenakan adanya perubahan sistem penyaluran dari Tunai melalui kantor pos menjadi non tunai melalui Bank Mandiri. Semoga untuk kedepannya hal ini tidak terjadi lagi dan jauh lebih baik lagi,” harap Rusfel.

Kebutuhan Gizi Anak

Sementara itu Wakil Bupati Lambar, Drs. Makmur Azhari menyampaikan penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) diharapkan agar dapat mempergunakan dana bantuan pemerintah tersebut dengan baik.

“Pergunakanlah untuk keperluan sekolah dan kebutuhan gizi anak-anak kita, supaya cerdas dan sehat, selebihnya pergunakan dana bantuan ini untuk kebutuhan rumah tangga ibu-ibu sekalian.” Kata Dia

Ia mengatakan, pendidikan dan kesehatan harus ditingkatkan, penerima bantuan PKH juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menjaga pertumbuhan anak-anaknya, agar saat dewasa nanti dapat menjadi pemimpin-pemimpin baru bagi Kabupaten Lambar. 

"Terima kasih serta apresiasi yang tinggi kepada pimpinan Bank Mandiri dan jajarannya yang telah mempermudah masyarakat Lambar untuk melakukan pencairan dana bantuan PKH. Bank Mandiri telah mempermudah pencairan dana bagi penerima PKH dengan fasilitas ATM. Dengan ATM ini masyarakat tak perlu mengantri dan berlama-lama di bank, cukup dengan mencairkannya melalui ATM yang telah disediakan,” ungkap Makmur.

Dikatakanya lagi,  bahwa penyaluran bantuan ini juga merupakan tujuan kami kepada masyarakat agar bisa belajar menabung mulai saat ini.

“Kalau melalui Bank kita bisa ambil sesuai keperluan dan kebutuhan kita jangan langsung di habiskan sekecil apapun itu, karena suatu waktu ada kebutuhan mendesak kita masih ada tabungan yang tersimpan dengan aman di Bank. Untuk itu pergunakanlah bantuan ini dengan sebaik mungkin” ungkapnya.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Lampung Barat Drs. Makmur Azhari, Koordinator PKH  Wilayah Lampung II Selamat Riyadi S.IP. M.IP., Kepala Dinas Sosial  Drs. Gison Sihite MM dan Kabag Perekonomian , Kabag Hukum Serta Kabag Humas Dan Protokol Sekdakab Lambar , Camat Dan Bank Mandiri Cabang Lampung Barat. (Anton)