X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      

Wisata Kopi di Tangamus, Sambut Hari Kopi Internasional

  • dibaca 111 kali

    DL/11082017/Tanggamus

    ---- Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekda Pemerintah Provinsi Lampung Adeham meninjau lokasi kegiatan Wisata Kopi di Perkebunan Kopi Binaan Nestle Desa Sukarame Talang Padang Kabupaten Tanggamus, Kamis 10 Agustus 2017. 

    Kegiatan Wisata Kopi ini sendiri merupakan salah satu bagian dari acara Peringatan Hari Kopi Internasional (Internasional Coffeee Day), dan akan dijadwalkan pada Sabtu 30 September 2017 dengan jumlah peserta 130 orang yang terdiri dari buyer dalam dan luar negeri, duta besar negara sahabat, 16 Provinsi penghasil kopi, asosiasi eksportir kopi, petani kopi dan akademisi. 

    Adeham mengatakan, kegiatan wisata kopi selain bertujuan untuk memperlihatkan indahnya suasana, pemandangan dan lokasi perkebunan di  Kabupaten Tanggamus juga untuk memberikan pengetahuan budidaya kopi kepada peserta khususnya kepada para petani. “Pada kegiatan ini, para petani diberikan pengetahuan dan teknologi budidaya kopi yang mukhtahir yang antara lain dari Puslit Koka,” ujar Adeham. 

    Terkait pelaksanaan Perayaan Hari Kopi Internasional pada 1 Oktober 2017, Kepala Dinas Perindustrian Provinsi Lampung Tonny OL Tobing mengatakan Pemprov Lampung akan mengundang pejabat negara, para duta besar, perwakilan 8 negara dunia Thailand, Brunei, dan Singapura serta 4 negara eropa penghasil kopi dan16 provinsi penghasil kopi serta para pencinta dan pengamat kopi, dengan jumlah 80 orang  termasuk para petani kopi.

    Selain itu, juga akan hadir narasumber dari Vietnam yaitu penghasil kopi terbaik dunia dan dihadiri langsung oleh CEO Nestle Asia Darnes Gordon.

    Lebih lanjut Tony Tobing menginformasikan bahwa Pemprov Lampung juga akan menyerahkan bantuan alat pasca panen kopi. Sementara PT Nestle akan memberi bantuan bibit sebanyak 300 ribu bibit kopi. Sebelumnya PT Nestle telah menggelontorkan bibit kopi dari tahun 2012-2016 sebanyak 3,5 juta untuk para petani kopi binaan Nestle. 

    Head Dept. Agricultural  Service Nestle, M Adi Wicaksana menyampaikan bahwa Kopi Robusta adalah kopi yang memiliki karakter pahit. “Kita berkontribusi mensupport 72-75 persen angka produksi nasional kopi Robusta nasional Indonesia, dimana pelabuhan Panjang menjadi pelabuhan pengekspor langsung ke Internasional.” Katanya. (maspro)

  • Berita Terkait

  • Polisi Amankan Bajing Loncat Di Jalan Lintas

    Tiga Hal yang Menentukan Nilai Jual Properti

    Jetstar Manjakan Penumpang Indonesia Ke Jepang

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar