X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Bimtek PSM Tingkatkan Kemampuan SDM

  • dibaca 329 kali

    DL/09082017/Bandarlampung

    ---- Permasalahan kesejahteraan sosial di Provinsi Lampung dirasakan semakin meningkat baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Kemiskinan ditengarai sebagai biang keladi yang akan menimbulkan berbagai macam permasalahan sosial lainnya seperti Keterlantaran, Ketuna Susilaan dan Disabilitas.

    Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) pada Maret 2017 mencatat, angka kemiskinan di Provinsi Lampung mencapai 13,69 persen. Angka ini menurun dibandingkan kondisi semester sebelumnya (September 2016) sebesar 13,86 persen.

    Jumlah penduduk miskin di Lampung pada Maret 2017 juga berkurang sebanyak 8,05 ribu jiwa menjadi 1,132 juta jiwa dibandingkan dengan penduduk miskin pada september 2016 sebanyak 1,140 juta jiwa.

    Walaupun ada tren menurunnya penduduk miskin namun belum sesuai dengan yang diharapkan yakni 12,32 persen.

    Oleh karena itu perlu peningkatan kualitas sumberdaya relawan sosial. Salah satunya adalah Pekerja Sosial Masyarakat ( PSM ) yang keberadaannya di tingkat Desa/Kelurahan. Sehingga sering disebut sebagai ujung tombak pembangunan kesejahteraan sosial.

    Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung Sumarju Saeni yang dibacakan oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Ida Yulestinawati pada acara pembukaan Bimbingan Teknis bagi Pekerja Sosial Masyatakat (PSM) di Urban Stlye Front One Hotel Pringsewu, Selasa, 8 Agustus 2017.

    “PSM sebagai pilar usaha kesejahteraan sosial dalam melaksanakan tugas bekerjasama dengan pilar partisipan lainnya seperti Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Karang Taruna, Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Tagana, dan lainnya, bersama Pemerintah melakukan upaya agar Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik.” katanya.

    Kepala Seksi Pemberdayaan Potensi dan Sumbet Kesos Dinsos Provinsi Lampung Maryanti bahwa bimtek PSM pada tahun 2017 dilaksanakan dalam 2 angkatan. Angkatan pertama yang dilaksanakan Selasa 8 Agustus 2017 diikuti oleh 40 orang PSM dari Kabupaten Pringsewu, Tanggamus, Pesawaran dan Kota Bandar Lampung.

    “Sedangkan angkatan kedua akan dilaksanakan pada Kamis 10 Agustus 2017 dan akan diikutsertakan sebanyak 40 orang PSM perwakilan dari Kota Metro, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung Timur dan Lampung Selatan.” Ujar Maryanti. (Ppid-Dinsos)

  • Berita Terkait

  • Gubernur Lampung Launching PBNT PKH Way Kanan

    Bupati Tuba Serahkan Piala dan Piagam UKS

    Panahan, Mesra Wakili Indonesia di Taipei

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar