Kapolres Lampura Imbau Babinkamtibmas Berperan Aktif

03 Agustus 2017 - 09:14:11 | 1927 | BERITA DAERAH

DL/02082017/Kotabumi

---- Jajaran Polres Lampung Utara memasang spanduk imbauan dalam rangka Operasi Bina Kusuma Krakatau 2017. Pemasangan tersebut dilakukan di beberapa lokasi strategis di wilayah hukum setempat, Rabu 2 Agustus 2017.

Guna memberikan himbauan dan meminimalisir kenakalan remaja terkait berbagai tindak kriminalitas. Bag Ops Polres Lampung Utara, memasang spanduk di lima lokasi diantaranya Bundaran Tugu Payan Mas Kotabumi, SMA Bhayangkari, SMK 3 Kotabumi, Pasar Dekkon dan sekitar wilayah Jalur dua jalan Jendral Sudirman.

Menurut Kabag Ops Polres Lampung Utara Kompol. Handak mewakili Kapolres AKBP. Esmed Eriadi hal itu dilakukan guna menghimbau dan mencegah tindakan kenakalan remaja, premanisme serta terjadinya konflik yang akan meresahkan masyarakat.

“Ini merupakan himbauan sekaligus pencegahan terhadap tindak kriminalitas terutama bagi para pemuda yang berada di wilayah Lampung Utara,” Jelas Handak.

Bertepatan dengan itu Kepolisian Resort Lampung Utara secara resmi menggelar latihan pra Operasi Kepolisian dengan sandi Bina Kusuma Krakatau 2017 yang berlangsung di Aula Rekonfu Polres Lampung Utara.

Acara yang dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP Esmed Eryadi, Sh, S.Ik, Mm, didampingi oleh Kabag Ops Kompol Handak Prakasa dan Kasat Binmas AKP Nur Aminin, serta dihadiri oleh Pejabat Utama (PJU) Polres Lampung utara dan seluruh personil yang terlibat dalam Sprint Ops Bina Kusuma Krakatau 2017.

Dalam arahannya Kapolres Esmed Eriyadi menyatakan, Operasi Bina Kusuma Krakatau 2017 ini merupakan operasi kewilayahan yang dilaksanakan di seluruh Polda Lampung terhitung sejak  27 Juli sampai 7 Agustus 2017 mendatang.

Sementara itu, sasaran utama operasi ini yaitu gangguan kamtibmas khususnya premanisme, kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba, pencegahan penyakit masyarakat serta gangguan kamtibmas lainnya di wilayah hukum Polres Lampung Utara yang mengedepankan Ops Fungsi Binmas.

“Saya harap seluruh personil Babin Kamtibmas harus berperan aktif dalam mendukung Ops Bina Kusuma ini, dengan cara melaksanakan pembinaan dan penyuluhan terhadap kenakalan remaja, premanisme yang berada di daerah rawan konflik,” harap Esmed.

Dalam kesempatan ini Kapolres AKBP. Esmed juga meminta para Babinkamtias dapat bertukar pikiran serta saling memberikan kontak person agar masyarakat dapat memberi informasi dengan cepat.

Kemudian setiap hari harus menemui tokoh masyarakat minimal 10 orang dalam sehari dan kalau bisa para Babin membuat kartu nama yang isinya ID dan nomor hp,” Ungkap Kapolres.

Meskipun personel yang terlibat operasi hanya sedikit, namun diminta dilaksanakan secara konsekuen dan hasil yang maksimal. “Harus ada perbedaan antara digelarnya operasi dan kegiatan rutin biasa. Optimalkan sumberdaya yang ada,” Jelas Esmed Eryadi. (zani)