Pemkab dan KPU Lampura Teken NPHD

31 Juli 2017 - 21:50:20 | 2469 | BERITA DAERAH

DL/31072017/Kotabumi

Bupati Agung Ilmu Mangkunegara Bersama  Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Lampung Utara Rahmat Hartono, melaksanakan  penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemerintah Kabupaten Daerah Lampung Utara dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara Tahun 2017 dalam rangka penyelenggaraan pemilihan Gubernur Lampung dan Bupati Lampung Utara Tahun 2018, diaula pemda setempat Senin 31Juli 2017.

Bantuan keuangan kepada Komisi Pemilihan Umum yang dialokasikan ini, merupakan dana penunjang pelaksanaan  kegiatan dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung serta Bupati dan Wakil Bupati Lampung Utara yang akan berlangsung pada tahun 2018 mendatang.

Dana bantuan ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Daerah dan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lampung Utara, dalam rangka pemenuhan hak dan kewajiban serta membangun etika dan budaya politik yang sesuai dengan Pancasila dan UUD Tahun 1945. 

Diharapkan pemanfaatan dana tersebut bisa terserap dengan baik sehingga pelaksanan Pilkada nantinya dapat berjalan dengan baik dan adil sesuai dengan harapan masyarakat.

 Bupati Agung menjelaskan peran penyelenggara Pemilu dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bersifat nasional, tetap, dan mandiri.

Berkenaan dengan hal tersebut, Agung berharap Komisi Pemilihan Umum dapat berperan maksimal dalam menyelenggarakan pelaksanaan pemilihan Gubernur Lampung maupun Bupati Lampung Utara secara serentak pada tahun 2018 mendatang dapat berjalan dengan aman dan kondusif. 

“Dengan adanya dana hibah ini, saya harap dapat digunakan KPU dengan sebaik-baiknya sehingga dapat tercipta pesta demokrasi yang baik dan aman. Kiranya dana hibah ini dapat dipergunakan dengan prinsif  Effektif, Effisien dan Ekonomis sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku.” ujar Agung.

Selain itu Agung berpesan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kerukunan, jangan sampai terpecah belah hanya karena Pilkada. “Mari menjadi tuntunan jangan hanya menjadi tontonan karena dengan proses yang baik akan menghasilkan Pemimpin yang baik. Jangan jadikan pesta Demokrasi sebegai alat pemecah belah persatuan dan kesatuan.” ungkapnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Utara, Marton, mengucapkan terima kasih kepada pemerintah atas dana Hibah yang diberikan guna menunjuang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah mendatang. Marton berharap kepada semua pihak agar dapat bersama-sama mengikuti dan mengawasi pelaksanaan Pilkada mendatang.

”Mari kita sukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung pada tahun mendatang, kami mengajak seluruh lapisan masyarakat dapat berperan aktip dalam mensukseskan hajat kita bersama ini dalam Pilkada serentak Pemilihan Gubernur Lampung Dan Bupati Lampung Utara.” ajaknya.

Sementara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara dilakukan  Bupati Lampung Utara dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Utara. (Zani)