Eliminasi Hepatitis, Selamatkan Generasi Penerus

31 Juli 2017 - 10:10:01 | 2322 | KESEHATAN

DL/31072017/Bandarlampung

---- Ribuan masyarakat memadati PKOR Wayhalim Bandarlampung untuk melaksanakan senam Germas yang diselenggarakan guna memperingati Hari Hepatitis Sedunia.

Acara ini Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Lampung dengan Kementerian Kesehatan dengan tema “Eliminasi Hepatitis menuju keluarga sehat, selamatkan generasi Penerus Bangsa,” di PKOR Wayhalim pada Minggu Pagi, 30 Juli 2017.

Peringatan hari hepatitis sedunia ini untuk mengingatkan bahwa hepatitis merupakan masalah besar bangsa ini, hingga saat ini diperkirakan 10 persen dari bangsa ini mengidap hepatitis. “Untuk itulah dari peringatan hari hepatitis dimaksudkan untuk memobilisasikan jajaran lintas sektor fan masyarakat untuk berperan dan mendukung pencapaian eliminasi hepatitis.” Demikian disampaikan oleh Direktur Jendral P2P dr. H. Mohamad Subuh saat mencanangkan komitmen untuk mencapai Eliminasi Penularan Hepatitis B dari Ibu ke anak tahun 2020.

Lebih lanjut Dirjen berharap peran dari pemerintah daerah untuk  melakukan upaya eliminasi hepatitis tersebut karena Hepatitis adalah penyakit yang invesius dan berbahaya menginfeksi seseorang sampai 100 kali. “Untuk itu kita sama sama mengingat bahwa hepatitis ini merupakan masalah dunia, masyarakat, dan keluarga,” katanya.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo yang diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Heri Suliyanto menyampaikan bahwa  bahwa Pemprov berharap dengan kegiatan senam sehat ini merupakan bentuk wujud nyata dari kegiatan melalui aktivitas fisik berupa olah raga ringan yang menyehatkan dan media yang efektif untuk berkumpul dalam membangun komunikasi dan kebersamaan. (maspro)