Anggota Saka Wira Kartika Persami Di Hutan Way Kambas

31 Juli 2017 - 09:43:49 | 918 | HUMANIORA

DL/31072017/Lampung Timur

---- Pramuka Saka Wira Kartika binaan Komando Distrik Militer (Kodim) 0411/LT, tingkat sekolah menengah atas (SMA) wilayah Kota Metro dan Lampung Timur melakukan kegiatan perkemahan sabtu minggu  (Persami) 29-30 JUli 2017 di hutan Resort Way Kanan taman Nasional Way Kambas Lampung Timur.

Acara tersebut dibuka oleh Komandan Kodim 0411/LT, Letkol Inf. Jajang Kurniawan. Selaku Kamabi Saka Wira Kartika.

Persami diawali dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan kegiatan lainya seperti, penanaman seribu pohon Mangrove di pantai Way Kambas, pengecatan Mushola di lokasi Resort Way Kanan serta kebersihan lingkungan Resort tersebut.

Adapun kegiatan lain yang juga dilaksanakan, pada Sabtu malam penyalaan api unggun dan dilanjutkan dengan kegiatan pentas seni.

Selanjutnya pada Minggu 30 Juli 2017, kegiatan kembali dilanjutkan Mountainering yaitu lomba Outbond dan karya bakti. Dan kegiatan diakhiri dengan upacara penutupan serta pembagian piala lomba kepada peserta dan terakhir pembongkaran tenda.

Salah seorang peserta Persami dari SMAN 3 Metro, Puja Relynuria Suprobo mengatakan, bahwa kegiatan Saka Wira Kartika yang berlangsung di hutan Way Kambas merupakan pengalaman pertamanya dan sangat mengesankan. Menurutnya, berbagai ilmu dan pengalaman baru Ia peroleh pada kegiatan ini.

“ Saya sebagai anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan Kodim 0411/LT sangat bangga dan senang bisa ikut kegiatan persami di Way kambas ini, masalahnya  tidak semua orang bisa masuk kawasan ini. Dan disini kami bisa mendapat pengalaman dan ilmu baru yang diajarkan oleh kakak-kakak Pembina. Kita berkemah di tengah-tengah hutan kawasan TNWK sehingga kita banyak mendapat pengalawan tentang kekayaan alam Indonesia dan bagaimana kita melestarikan serta mencintai alam itu,” kata Puja.

Hal senada juga diungkapkan oleh Regitofani dari SMAN 5 Metro, menurutnya pengalaman baru yang Ia peroleh bagimana seharusnya mencintai alam dan melestarikanya, selain itu tentang kedisplinan diri serta peduli terhadap sesama serta berjiwa mandiri, bertanggungjawab dan sioal itu yang Ia peroleh dari para Pembina.

Sementara, komandan Kodim 0411/LT Letkol Inf Jajang Kurniawan mengatakan, kegiatan Persami ini dapat dijadikan sebagai ajang silaturahmi, tukar pengetahuan sesama anggota Saka dari Ranting-ranting yang ada sekaligus sebagai ajang kompetisi tentang Krida-krida yang sudah diajarkan oleh para Pembina.

Selain itu, sebagai sarana belajar dalam bersosialisasi sesama anggota dalam berbakti sosial karena ada materi terbatas tentang karya bakti.

“Dipilihnya tempat ini, agar seluruh komponen yang ada lebih mendekatkan kita kepada alam terbuka dan lebih mencintai alam sebagai pembekalan adik-adik anggota Saka Wira Kartika sebagai patriot bangsa penerus generasi muda,” tandasnya. (Igun)