Ini Semboyan Kabupaten Mesuji Yang Baru

27 Juli 2017 - 13:21:07 | 15309 | BERITA DAERAH

DL/27072017/Mesuji

-----  Salah satu Raperda yang dibahas dalam rapat paripurna DPRD Mesuji  pada 26 Juli 2017 adalah Raperda tentang perubahan perda nomer 5 tahun 2011 tentang Lambang Daerah.

Sementara Fuad Amrulloh, ketua DPRD Mesuji usai paripurna mengatakan bahwa perubahan Lambang Daerah ini merupakan usulan pemerintah kabupaten Mesuji. “Perubahan Lambang Daerah itu merupakan koreksi tokoh-tokoh masyarakat kabupaten Mesuji dan kajian dari para anggota DPRD Mesuji.” Jelasnya.

Untuk Lambang Daerah yang lama yang dikoreksi ada di gambar pohon Sawit dan pohon Karet. “Karena pohon Sawit dan pohon Karet tidak bisa dijadikan lambang, dikarenakan sifatnya berubah-rubah.” Ungkapnya.

Contohnya, jika dikemudian hari ketika pohon Sawit dan Karet sudah tidak ada lagi di kabupaten Mesuji, maka sudah tidak lagi relavan.

“Maka dari itu tidak bisa dijadikan bentuk dari simbol budaya di kabupaten Mesuji. Sementara untuk air dan perahu itu tidak kita hilangkan, karena itu simbol dari budaya.” Tambahnya.

Lalu untuk semboyan yang ada di kabupaten Mesuji pun ikut berubah yang awalnya Sai Bumi Serasan Segawe ini menjadi Bumi Ragam Begawe Caram.  “Ini yang diambil dari Bahasa Mesuji yang memiliki makna Kabupaten Mesuji yang dihuni oleh masyarakat yang bekerja cepat, damai, dalam kebersamaan dan gotong royong.” Jelasnya.

Dengan perubahan lambang daerah ini diharapkan semakin dapat mewakili kondisi Kabupaten Mesuji yang ada sesuai dengan potensi dan kekayaan alamnya, dan masyarakat yang beraneka ragam yang hidup harmonis, damai, dan penuh kegotong-royongan.

Rapat paripurna dihadiri 27 dari 35 anggota DPRD, Bupati Mesuji Khamami, Sekertaris Daerah Mesuji Rizal Fauzi, Asisten, Staf Ahli, SKPD di lingkungan pemerintahan kabupaten Mesuji. Selain itu hadir pula Camat, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama.

Dalam kesempatan itu Khamami mengatakan bahwa Raperda yang disetujui bersama pada hari itu merupakan Raperda usulan pemerintah Kabupaten Mesuji maupun inisiatif DPRD kabupaten Mesuji. (sup)