Rekor Muri Untuk Menulis Aksara Lampung Massal

24 Juli 2017 - 15:13:19 | 552 | BERITA DAERAH

DL/24072017/Kotabumi

---- Kabupaten Lampung Utara raih Rekor Muri Menulis Aksara Lampung dengan Tema “Bersatu Untuk Lampung Utara Maju, Pendidikan Berkualitas, Bersatu Kita Kuat, Bersama Kita Hebat” yang diikuti ribuan peserta di halaman Islamic Center Kotabumi, Rabu 19 Juli 2017.

Acara menulis Aksara Lampung ini diikuti oleh 21 SMP Negeri dan Swasta se-Kabupaten Lampung Utara dengan jumlah total peserta 1.269 siswa dan siswi.  Acara tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Sri Widodo.

Sementara itu, acara yang berlangsung dalam rangka menyemarakkan HUT Lampung Utara ke-71 tahun ini, bertujuan guna mengembangkan dan melestarikan Aksara Lampung, karena khususnya anak muda Lampung kurang menyadari dan memahami akan pentingnya penguasaan Bahasa dan Aksara Lampung. Selain itu, untuk memasyarakatkan penggunaan Bahasa dan Aksara Lampung dalam kehidupan sehari-hari serta mengukur capaian pembelajaran Aksara Lampung, sebagai salah satu mata pelajaran ekstra kulikuler di Sekolah.

Wakil Bupati Sri Widodo mengatakan sebagai warga masyarakat Lampung, sudah seharusnya dapat memelihara dan melestarikan berbagai budaya yang telah diwariskan  oleh para leluhur.

Widodo berharap dengan adanya Rekor Muri ini dapat menambah semangat anak Lampung untuk dapat lebih mencintai Aksara Lampung sebagai warisan yang harus dijaga.

“ Kepada tim rekor muri kami ucapkan terima kasih atas penghargaan ini, semoga dengan semua ini anak-anak kita dapat lebih menciptakan rasa cinta kepada warisan leluhur.” ungkap Widodo.

Sebelum menyerahkam Rekor Muri, tim penilai Rekor Muri mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kegiatan tersebut. ”Kami mengapresiasi kegiatan ini, sebagai ajang pelestarian Budaya lokal, sehingga nama Kabupaten Lampung Utara bisa masuk lagi kedalam Rekor Muri, dengan peserta mencapai 1.269 orang. Rekor Muri ini, menunjukkan bahwa Kabupaten Lampung Utara sangat mencintai budaya Lampung dan diharapkan kedepan mampu untuk memelihara dan melestarikannya.“ ujarnya.

Dalam kesempatan ini dilakukan juga penyerahan karya hasil Bendera Merah Putih dengan ukuran 72 meter x 2,4 meter dari Enna Maliana, Kepala Sekolah Madrasah Tsanawiyah 1 Kotabumi kepada Pemerintah Kabupaten Lampung Utara.

Pemerintah Lampung Utara memberikan Piagam Penghargaan kepada Enna Maliana atas karya yang telah dibuatnya. (Zan)