Pariwisata Bisa Jadi Sektor Andalan Indonesia

17 Juli 2017 - 19:04:13 | 958 | PARIWISATA

DL/17072017/Jakarta

---- Jumat 14 Juli 2017 Menteri Pariwisata, Arif Yahya menyatakan pertumbuhan pariwisata Indonesia berada diperingkat 20 dunia dan nomor dua di Asia Tenggara. 

Pertumbuhan pariwisata Indonesia mencapai 20 persen dan hanya kalah dari Vietnam yang mencapai 24 persen. Presiden Jokowi meminta agar pertumbuhan itu terus digenjot agar bisa mencapai 25 persen.

Menanggapi hal tersebut, Virgie Baker, fungsionaris DPP Partai NasDem,. “Kita bersyukur bisa jadi nomor 2, tapi capaian ini juga harus diikuti dengan berbagai pembenahan,” ungkapnya.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan edukasi untuk mengubah karakter masyarakat. Selain itu, perlu juga pembenahan keramahtamahan, kalender agenda yang bahkan bersifat regular dan berkesinambungan untuk seluruh wisata andalan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. 

“Semangat wisatawan yang datang tidak ada yang benar-benar ada. Jadi sekarang yang terbaik adalah konsumen yang menikmati pengalaman di tempat tujuan wisata,” paparnya.

Virgie juga mengapresiasi. Karena tanpa infrastruktur yang baik, parisawata akan sulit berkembang. 

Menurut Virgie, mengatakan tidak hanya untuk pemerintah pusat, pemda juga harus punya perspektif yang sama untuk mendukung program pemerintah pusat.

“Kerja sama yang baik dari pusat sampai daerah akan membuat pariwisata menjadi sektor unggulan di berbagai daerah yang memiliki keindahan alam, keunikan budaya, seni dan tradisi juga memiliki sejarah. Yang dampaknya perbaikan ekonomi masyarakat tentunya saja, “ ungkap Virgie. (nas)