X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Ketua DWP BKKBN Pusat Kunjungi Tresna Werda

  • dibaca 478 kali

    DL/15072017/Lampung Selatan

    ---- Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN Pusat Dr.Ny. Retna M. Surya Chandra, M.Si bersama pengurus DWP BKKBN Provinsi seluruh Indonesia, berkunjung ke Panti Sosial Lanjut Usia Tresna Werdha Natar, Lampung Selatan, Jumat 14 Juli 2017.

    Kepala Dinas Sosial Provinsi Lampung, Sumarju Saeni mengatakan bahwa Panti Sosial Lanjut Usia Tresna  Werdha atau lebih dikenal dengan panti jompo merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Sosial Provinsi Lampung.

    Berdiri pada tahun 1980 semasa Kanwil Departemen Sosial Provinsi Lampung. Setelah otonomi daerah oleh Departemen Sosial diserahkan kepada Pemda Provinsi Lampung.

    Lebih lanjut Sumarju mengatakan jumlah kelayan PSLU Tresna Werda ada 80 orang yang merupakan rujukan terakhir dalam pelayanan lanjut usia. Sedangkan pelayanan pertama dan utama adalah dalam keluarga; berkumpul dengan anak dan cucu-cucunya.

    Namun karena berbagai sebab para lansia mengalami keterlantaran sehingga diasuh bagaikan orang tua sendiri di dalam panti.

    Disamping pelayanan dalam panti PSLU juga memberikan pelayanan di luar panti antara lain dengan sistem Day Care Service sebanyak 70 orang.

    Pelayanan ini ditujukan kepada para lansia dalam keluarga namun secara rutin 2 kali dalam sebulan berkunjung ke PSLU untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan, senam bersama, ceramah agama dan juga hiburan. Disamping itu juga kegiatan pelayanan sistem Home Care sebanyak 50 orang yakni pelayanan langsung dari rumah kerumah para lansia kurang mampu untuk diberikan bantuan bahan pangan dan pemeriksaan kesehatan.

    “Kita sadari bahwa dengan angka harapan hidup masyarakat Lampung semakin membaik yakni memiliki umur rata-rata 70,08 (di bawah angka nasional 72) dengan umur rata-rata tertinggi ada pada masyarakat Kota Metro 72,98 dan Bandar Lampung 71,61. Namun karena tingkat kemiskinan di Provinsi Lampung masih tinggi maka angka lansia terlantar akan semakin meningkat,” tutur Sumarju.

    Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) BKKBN Pusat Dr.Ny.Retna M.Surya Chandra, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungannya di PSLU Tresna Werda ini masih merupakan rangkaian acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXIV yang dipusatkan di Provinsi Lampung. 

    “Saya merasa terharu kepada para pegawai khususnya para tenaga suka rela yang ditempatkan di bagian isolasi. Dengan honor yang sangat terbatas mereka secara tulus dan ikhlas melayani para lansia yang sudah tidak berdaya (bedridden) hingga akhir hayatnya. sungguh merupakan pekerjaan yang sangat mulia.” Katanya.

    Selanjutnya Retna menyampaikan perlunya kolaborasi program antara Dinas Sosial dengan BKKBN. Mengingat BKKBN juga memiliki program untuk para Lansia yakni Bina Keluarga Lansia (BKL) disamping itu juga Bina Keluarga Balita (BKB) namun tidak di dalam panti. Sedangkan Dinas Sosial memiliki program Pelayanan Lanjut Usia baik dalam panti maupun diluar panti. Apabila program tersebut bisa di padukan tentu saja hasilnya akan lebih maksimal yakni terpenuhinya kehidupan lansia yang sehat, sejahtera dan bahagia.

    Diingatkan oleh Ketua DWP BKKBN Pusat bahwa tahun 2020 akan terjadi bonus demografi yang juga penduduk usia lanjut akan mendominasi. “Hal tersebut sebagai akibat dari kesadaran masyarakat tentang arti hidup sehat. Sehingga angka harapan hidup masyarakat semakin meningkat.” Katanya.

    Dalam kesempatan tersebut Retna berkesempatan memberikan tali asih kepada 6 orang tenaga sukarela dan juga kepada para lansia kelayan PSLU Tresna Wreda sebanyak 80 orang. (Ppid-Dinsos)

  • Berita Terkait

  • Ada 175 Stand di Pameran Industri Kreatif dan Kuliner Harganas

    Main Di Pahoman, Lampung Sakti Harus Waspada

    Ridho Jemput Puan Di Bandara

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar