Pengaruh Ramadan Terhadap Bisnis Properti

07 Juli 2017 - 03:00:01 | 676 | NASIONAL

DL/07072017/JAKARTA

---- Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadan dan segalanya akan kembali seperti semula. Ramadan memang berpengaruh terhadap hampir semua lini bisnis, namun adakah pengaruh Ramadan terhadap bisnis properti?  

Menurut Samuel Ali Budiman, Sales Coordinator dari Abdael Nusa Group, penjualan produk perumahan mereka selama bulan Ramadan mengalami kenaikan sebesar 10 persen, hal ini disebabkan karena saat Ramadan para pekerja mendapatkan uang THR (Tunjangan Hari Raya) dan mereka memanfaatkan uang tersebut untuk membayar DP rumah.  

“Banyak klien kami yang memutuskan untuk membeli properti saat bulan Ramadan karena ada dana lebih dari uang THR sehingga mereka bisa membayar DP rumah.” ujar Samuel.   

Selain itu guna menjaring pembeli lebih banyak, pihaknya juga mengadakan promo menarik khusus Ramadan, yakni mengadakan promo cicilan pembayaran DP rumah yang bisa dibayar sebayak 26 kali. “Promo tersebut juga terbukti ampuh untuk meningkatkan penjualan,” kata Samuel.

Sementara berdasarkan data dari portal properti Lamudi, sepanjang bulan Ramadan lalu pencari properti yang mengakses portal properti mengalami kenaikan, rata-rata pencari properti melakukan pencarian di siang hari. Hal tersebut menujukkan sebenarnya minat untuk membeli properti di saat bulan puasa masih banyak.  

“Setiap bulan Ramadan pengunjung portal kami meningkat sekitar dua puluh persen, namun kembali menurun beberapa hari menjelang Lebaran,” ujar Mart Polman, Managing Direktor Lamudi Indonesia—platform properti online. “Begitu masuk bulan Juli, maka akan ditemukan peningkatan lagi,” tambahnya.

Tentang Lamudi Indonesia          

Memperluas servisnya di Indonesia, Lamudi.co.id didirikan pada tahun 2014 untuk membantu pembeli properti mendapatkan informasi tentang rumah, tanah, apartemen, dan ruang komersil yang dijual maupun disewa. Lamudi Indonesia memberikan kemudahan dengan menyediakan data-data dan kontak dengan agen, properti developer, dan pemilik tanah. Lamudi Indonesia memberikan daftar properti yang lengkap dan terkini di Indonesia. Kantor Pusat Lamudi Indonesia sendiri berlokasi di Jakarta. (adv)