Sundari Sukoco di Lampung dengan KPK

04 Juli 2017 - 22:38:07 | 513 | SENI & BUDAYA

DL/04072017/Bandarlampung

----- Ratu Keroncong Indonesia, Sundari Sukoco, didapuk untuk mengisi acara ultah salah satu tokoh Lampung pada Minggu 9 Juli 2017 mendatang di salah satu hotel ternama di kota ini. Menariknya, Sundari akan diiringi oleh talenta-talenta lokal yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Keroncong (KPK) Lampung.

Koordinator KPK Lampung, Gus Haryanto, menyebut kedatangan salah satu penyanyi Indonesia paling berpengaruh tersebut merupakan berkah bagi pecinta keroncong di Bumi Ruwa Jurai.

“Komunitas keroncong di Lampung itu sangat aktif dan tersebar di seluruh provinsi ini. Berkesempatan untuk bertemu dengan Mbak Sundari tentu saja sangat membahagiakan pecinta keroncong,” demikian tokoh keroncong Lampung yang dikenal sangat aktif mempromosikan musik asli Indonesia itu. 

Dalam keterangannya, Gus menyebutkan Sundari Sukoco akan diiringi seluruhnya oleh penggiat KPK. “Jadi kali ini Mbak Sundari akan bernyanyi benar-benar diiringi sepenuhnya oleh kawan-kawan pegiat keroncong di Lampung,” papar Gus.

Selain menjadi kebanggaan, ini akan menjadi tantangan tersendiri. “Tentu saja kami bangga artinya ada pengakuan kalau komunitas keroncong di Lampung sudah dianggap mampu untuk mengiringi penyanyi legendaris sekaliber Ratu Keroncong Indonesia,” ungkap Gus Haryanto bersemangat. 

Di lain hal, ini jadi tantangan tersendiri supaya penampilan Sundari Sukoco bisa maksimal. “Kita sudah menghubungi kawan-kawan keroncong dan akan berlatih serius. Ini adalah kesempatan yang sangat baik bagi komunitas keroncong di Lampung,” demikian Gus menjelaskan. KPK akan berlatih bersama Sundari Sukoco sekaligus gladi resik acara tersebut di salah satu cafe-resto di Bandarlampung pada Jumat (7/7) siang.

Musik keroncong sebetulnya memiliki banyak penggemar di Lampung. Tetapi, imbuh Gus, memang tersebar di komunitas-komunitas yang tidak terlalu gegap-gempita seperti musik-musik lain. “Keroncong itu genre musik asli Indonesia. Membudayakan keroncong artinya membudayakan kekayaan budaya kita sendiri,” kata Gus Haryanto.

Selain Sundari Sukoco, KPK juga sudah beberapa kali manggung di beberapa acara keroncong tanah air dan berkali musisi keroncong legendaris juga pentas di Lampung seperti Iin Indriani, Krontjong Toegoe, Koko Thole dan lain-lain. (dlp)