Ini Alasannya Menag Minta Masjid di Cipinang Ikuti Lebaran Minggu

24 Juni 2017 - 20:47:42 | 505 | NASIONAL

DL/24062017/Jakarta

---- Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin menyayangkan pihak Masjid Al-Marzuqiyah di Cipinang Muara, Jaktim, yang memutuskan baru berlebaran Senin, 26 Juni 2017, lusa. Menag meminta pihak masjid tersebut mengikuti ketetapan pemerintah soal lebaran yang jatuh besok.

“Saya sebagai Menteri Agama mengimbau seluruh umat muslim Indonesia untuk kita mematuhi, mentaati kesepakatan kita bersama,” kata Lukman seperti dirilis detik.com di Kemenag RI, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu 24 Juni 2017.

Awalnya, Menag Lukman usai memimpin sidang isbat penentuan awal lebaran enggan bicara banyak soal masjid tersebut. Namun kemudian dia mengimbau masjid tersebut ikut keputusan pemerintah berlebaran besok.

“Umat Islam itu diikat oleh kesepakatan yang dibuatnya sendiri. Oleh karenanya, mari sebagai Muslim kita menaati kesepakatan yang kita buat sendiri,” jelas Lukman.

“Kesepakatan itu adalah bahwa kewenangan menetapkan melakukan isbat itu ada di tangan pemerintah melalui Menteri Agama setelah berkonsultasi, setelah bermusyawarah dengan para ulama, dengan para pimpinan ormas-ormas Islam,” tuturnya.

Sebelumnya, pengelola Masjid Al-Marzuqiyah di Cipinang Muara, Jakarta Timur, telah menentukan 1 Syawal 1438 atau Lebaran jatuh pada hari Senin 26 Juni 2017. Pengelola memiliki sejumlah pertimbangan mengenai hal tersebut.

Sekretaris Masjid Al-Marzuqiyah, Cholid Lutfi Tsani menjelaskan ketinggian bulan malam ini 7 derajat untuk dapat dilihat kasatmata dan besok bisa ditetapkan sebagai Idul Fitri. Hanya, dari informasi yang diterima, hingga hari ini ketinggian bulan maksimal hanya 4 derajat. (gbr/rna)