Setetes Darah Kita Sangat Berarti Bagi Penderita Thalasemia

24 Mei 2017 - 03:19:30 | 595 | KESEHATAN

DL/24052017/Kotabumi

---- “Mari kita bantu dan ikut peduli, pada mereka hanya membutuhkan darah. Setetes darah kita sangat berarti buat anak-anak lain yang menderita Thalasemia ini. Mereka ini merupakan  anak-anak kita juga yang wajib kita bantu,” ungkap Direktur RSUD Ryacudu dr. Syah Indra saat membuka acara donor darah dan Talkshow Thalasimia yang berlangsung di aula RSUD setempat, Selasa 23 Mei 2017.

Dalam rangka memperingati hari Thalasemia sedunia yang jatuh pada 8 Mei 2017,  RSUD Mayjend. Ryachudu Kotabumi, Lampung Utara gelar acara donor darah dan Talkshow dengan tema Share Love, Save Live, Kita Untuk Semua

Kegiatan sosial yang dimotori oleh dr.Ismi Citra Ismail. SP. A bersama Palang Merah Indonesia (PMI) ini, dibuka oleh direktur RSUD Ryacudu dr. Syah Indra Husada Lubis, M.Kes, Sp.Og.

Selain dalam rangka semarakan hari Thalasemia Sedunia yang jatuh pada 8 Mei 2017 lalu, kegiatan ini diadakan guna membantu penderita Thalasemia yang ada di Kabupaten Lampung Utara.

Talkshow ini bertujuan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat, tentang penyakit yang sampai saat ini belum ada pengobatannya. Penderita hanya dapat ditolong dengan dilakukan tranfusi darah.

”Kegiatan ini guna meningkatkan pengetahuan tentang penyakit Thalesemia , selain itu sebagai sarana untuk membangun hubungan interaktif antara kita dengan para penderita” ujar dr. Indra.

Selain itu, dr. Syah Indra menyatakan saat ini di RSUD Ryachudu terdapat 18 orang penderita Thalasemia yang rata-rata masih tergolong anak-anak.

Mereka harus melakukan transfusi darah setiap 2 minggu sampai 1 bulan sekali. Dokter spesialis kandungan ini juga sangat mengharapkan kesadaran masyarakat khususnya warga Lampung Utara, untuk ikut peduli dan saling membatu kepada penderita Thalasemia.

“Saat ini terdapat 18 orang penderita yang masih tergolong anak-anak, yang paling utama saat ini adalah mereka butuh darah. Saya sangat mengharapkan kesadaran kita semua, untuk membantu mereka dengan mendonorkan darah kita.” ungkap Indra seraya mengajak masyarakat untuk ikut peduli.  

Donor Darah ini rencananya akan berlangsung selama dua hari kedepan, dengan target 100 kantong darah, yang nantinya khusus diperuntukan bagi penderita Thalesimia. Peserta donor juga diberikan undian dengan doorprize berupa hadiah hiburan.

Dalam kesempatan ini direktur RSUD Ryacudu juga menyerahkan santunan dana dan cindera mata kepada penderita Thalasemia. (Zani)