Bupati Entus Is Back

11 Mei 2017 - 01:28:22 | 621 | SENI & BUDAYA

DL/11052017/Bandarlampung

---- Dalang Ndugal, Ki Enthus Susmono, yang saat ini sudah menjabat sebagai Bupati Tegal, Jawa Tengah, akan kembali mendobrak Lampung dalam dua malam berturut-turut yakni di wilayah Lampung Timur dan Kabupaten Lampung Tengah.

Dalang fenomenal yang sering mencampurkan wayang kulit dengan wayang golek karakter ini akan hadir di lapangan Merdeka Pekalongan Lampung Timur Jumat malam, 12 Mei 2017, dengan lakon Kresno Dhuto.

Dan Sabtu malamnya, 13 Mei 2017, Enthus akan pentas kembali di lapangan Desa Sukosari, Kalirejo, Lampung Tengah, dengan lakon Bedhah Dwarawati Purwo.

Masyarakat Lampung masih sangat terkesan dengan penampilan Enthus yang berkeliling Lampung pada tahun 2013 dalam program sosialisasi pencalonan Ridho Ficardo itu kini diundang oleh Arinal Djunaidi, dengan Jaringan Arinal Berkarya (JAYA).

Menurut Himawan Imron, ketua JAYA, masyarakat Lampung Timur sudah lama sekali tidak menonton penampilan kocak dalang yang sering bicara blak-blakan ini. “Kami berinisiatif untuk hiburan rakyat di Lampung Timur dengan menyajikan Ki Enthus. Saya kira akan menjadi pengobat rindu masyarakat akan pentas budaya Indonesia yang sarat dengan nasihat itu,” ujar Imron.

Anggota DPRD Provinsi Lampung ini menegaskan bahwa Enthus kali ini akan membawakan dua lakon yang sarat dengan  penggambaran situasi saat ini, dan memberikan gambaran betapa angkara murka akan dapat diatasi oleh pihak-pihak yang menganut pada kebenaran. Ini dilambangkan dengan kerajaan Astina dan Pandawa.

Tidak sekedar memberkan hiburan rakyat, namun panitia juga menyiapkan hadiah berupa satu hand-tracktor dan enam ekor kambing untuk penontonnya. “Seluruh penonton yang hadir akan mendapat kupon undian. Bagi yang beruntung bisa membawa pulang hadiah yang disiapkan panitia,” kata Imron.

Imron menegaskan, bagi warga yang ingin mendapatkan kupon undian dalam acara itu dapat menghubungi panitia dan menggunting pada iklan koran yang terpasang di sejumlah surat kabar di Lampung. “Mari ajak saudara dan kerabat untuk hadir. Acara ini gratis,” ujarnyanya. (lis)