Hardiknas, Percepatan Pendidikan Merata dan Berkualitas

03 Mei 2017 - 11:21:29 | 2025 | PENDIDIKAN

DL/03052017/Bandarlampung

---- Tagline Percepatan pendidikan yang Merata dan Berkualitas ditetapkan pada hari pendidikan nasional (Hardiknas) 2017. Keinginan bahwa masyarakat Indonesia harus bangkit sebagai pribadi-pribadi yang cerdas dan berkualitas ini disebarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ke seluruh Indonesia dalam sambutan tertulis, yang dibacakan pada upacara di seluruh negeri ini.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo yang menjadi Inspektur upacara dalam Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2017 di Lapangan KORPRI, Selasa 2 Mei 2017, juga membacakannya. 

Dalam kesempatan ini Gubernur Lampung menyampaikan penghargaan dan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di tanah air yang  telah  mengabdi  dan berkorban demi kemajuan pendidikan.

“Semoga keberhasilan tersebut, semakin memacu semangat dan usaha keras kita dan masalah yang belum terselesaikan justru semakin melipatgandakan energi, kehendak dan ikhtiar kita untuk menemukan terobosan-terobosan baru,” kata Ridho ketika membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Gagasan pemikiran dan prinsip-prinsip pendidikan Ki. Hadjar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan Nasional telah menjadi dasar acuan visi Presiden RI, Joko Widodo di bidang pendidikan.

Dalam visi Presiden, masa depan Indonesia adalah sangat ditentukan oleh generasi peserta didik masa kini yang memiliki karakter atau budi pekerti yang kuat, serta menguasai berbagai bidang keterampilan, hidup, vokasi dan profesi abad 21.

Untuk itu perlu dilakukan reformasi pendidikan nasional baik pada tataran konseptual maupun manajerial. Termasuk reformasi peran dan tugas Kepala Sekolah sebagai manajer sekolah, komite sekolah dan juga pengawas sekolah.

Ridho mengajak dalam reformasi pendidikan nasional ini, untuk melakukan dengan kerja keras yang konstruktif, penuh keikhlasan dan pengorbanan, serta pengabdian tulus seluruh insan pendidikan di seluruh Indonesia amat diharapkan.

“Marilah kita bersama-sama menggerakan reformasi pendidikan nasional demi kemajuan dan keunggulan pendidikan nasional kita pada satu sisi dan pada sisi lain demi kelangsungan dan kelanggengan bangsa Indonesia di tengah kancah bangsa-bangsa lain,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Gubernur Lampung juga menyerahkan piagam penghargaan dan piala kepada siswa berprestasi dan pemenang Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah Tahun 2017. Diantaranya  Juara I Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMKN 3 Metro, Juara I Debat Bahasa Inggris Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMAN 2 Bandar Lampung, Juara I Debat Bahasa Indonesia Tingkat Provinsi Lampung diraih oleh SMAN I Metro. 

Sedangkan Juara I Lomba Sekolah Sehat Usaha Kesehatan Sekolah (LSS UKS) Tahun 2017 Tingkat TK diraih oleh TK Tiara Persada, Tingkat SD diraih oleh SD Alkautsar Bandar Lampung, Tingkat SMP diraih oleh  MTSN 2 Bandar Lampung, Tingkat SMA diraih oleh SMA 1 Sumber Rejo Tanggamus dan Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Tingkat Provinsi diraih oleh SMK 2 Mei Bandar Lampung. (lis/RG)