Maling Teriak Maling, Masuk Sel

23 April 2017 - 03:24:26 | 112428 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/23042017/Bandar Lampung

---- Ini namanya maling teriak maling. Dan teriak malah ketahuan, dialah malingnya.

Markum (46) seorang karyawan rumah makan, sebenarnya punya rencana cukup matang untuk mendapatkan barang bukan miliknya untuk dikuasai menjadi miliknya. Tetapi ternyata rencananya itu malah menjebaknya sendiri menuju sel Polisi.

Pria warga Kampung Suka Karya Way Lima Pesawaran ini kini mendekam di sel Kepolisian Sektor Tanjungkarang Barat Bandarlampung atas perbuatannya mencuri sepeda motor dan uang tunai Rp3 juta, milik restoran dimana ia bekerja.

Dia kini menghadapi tuntutan 7 tahun penjara dari pasal 363 KUH Pidana, yakni Pencurian. Dan sambil menunggu proses perkaranya berjalan di pengadilan, pria ini kini mendekam di penjara Polsek setempat.

Menurut Kapolsek Tanjungkarang Barat, Kompol Harto Agung, tersangka ini punya rencana mencuri motor dan uang, namun dengan memutar balikkan cerita dan mengelabuhi pemilik rumah makan dan petugas polisi.

“Tersangka ini sebenarnya yang melaporkan ke polisi bahwa di rumah makan tempat dia bekerja kemalingan. Motor dan uang Rp3 juta raib. Kejadiannya pada Senin 17 April2017 sekira pukul 01.40.” kata Kapolsek.

Setelah dilakukan penyelidikan, disimpulkan oleh polisi bahwa justru tersangka lah yang mencuri. Ini maling teriak maling.

“Tersangka ini kan karyawan yang diberikan kepercayaan oleh si pemilik rumah makan untuk menjaga rumah makan itu, dan sehari-harinya tidur di tempat itu. Namun sebuah malam, dia nekat membawa motor milik rumah makan dan meletakkannya di depan SD Kebunjeruk, di depan pemakaman umum. Lalu dia kembali ke rumah makan dan membongkar laci kasir lalu mengambil uang tunai Rp3 juta,” terang Harto.

Namun setelah itu, dia melapor ke pemilik rumah makan dan Polisi bahwa telah terjadi pencurian di rumah makan yang dia tunggu.

Akan tetapi hasil penyelidikan dan analisis tim Tekab 308 Tanjungkarang Barat, justru mengarah kepada tersangka Markum. “Setelah kami periksa laporan tersangka Markum, justru mengarah kepada dia sendiri. Langsung kami amankan, dan dia mengaku bahwa yang melakukan ya dia sendiri,” Kata Kapolsek.

Selain tersangka, kini barang buktinya pun telah diamankan untuk pengembangan kasus ini selanjutnya. (zai)